Apakah Tahun ini Emas Masih Terpercaya Sebagai Pelindung Nilai?

By on 15 Januari 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.405 kali
Ilustrasi Telur Emas

Apakah Tahun ini Emas Masih Terpercaya Sebagai Pelindung Nilai?

Investasi Emas – Dulu, dunia perbankan sama sekali belum merambah ke pedesaan. Belum banyak pula orang yang menabungkan uangnya ke bank. Sebagai alternatifnya, mereka memakai emas sebagai alat untuk menyimpan uang mereka, baik itu emas batangan maupun emas berupa perhiasan. Simpanan emas ini nantinya dijual ketika dibutuhkan. Pernahkah Anda berpikir, mengapa mereka memakai emas untuk menyimpan aset mereka? Ya, tentu saja untuk mencari keuntungan dan melindungi aset yang mereka miliki.

Tahukah Anda jika harga emas terus menerus naik mengikuti nilai uang? Kenapa pula emas sama sekali tidak berkurang nilainya dimakan waktu? Sadar atau tidak, tindakan menyimpan emas tersebut bagaikan proteksi atas aset kekayaan yang Anda miliki. Secara tidak langsung, Anda juga telah melakukan strategi hedging (lindung nilai). Pertanyaan yang hampir setiap ditanyakan mengenai emas adalah “apakah tahun ini emas masih terpercaya sebagai pelindung nilai?”

Banyak yang beranggapan jika nilai emas terbebas dari resiko inflasi. Banyak para pengelola dana global yang memborong emas untuk memindahkan portofolio ketika kondisi perekonomian sama sekali tidak menunjukkan pertumbuhan atau terdapat indikasi karena adanya kenaikan laju inflasi. Dengan ini mereka dapat menahan laju inflasi dan melindungi kekayaan yang mereka miliki.

Melihat sifatnya, banyak sekali alasan mengapa emas sering disebut sebagai pelindung aset. Salah satunya adalah karena emas sama sekali tidak tergantung oleh pemerintah, berbeda dengan uang kertas. Emas dan juga harga berbagai komoditi yang dibutuhkan oleh manusia memiliki kolerasi yang erat sejak berabad-abad. Anda sama sekali tidak akan mengalami penurunan nilai kekayaan jika seandainya harga emas turun. Ini dikarenakan Anda tetap bisa membeli komoditi-komoditi yang harganya selalu beriringan dengan harga emas.

Lalu, bagaimanakah untuk tahun 2014? Apakah tahun ini emas masih terpercaya sebagai pelindung nilai? Emas mungkin akan kembali membawa profit pada tahun 2014-2015, menurut kelompok Bank Australia dan Selandia Baru Ltd. Di tahun 2014, bullion bisa saca mencapai USD 1.400, menurut anilisis bank tersebut. Namun bank lain mengeluarkan pernyataan yang jelas-jelas kontras dari analisis ini. Danske Bank AS memprediksi harga emas di tahun 2014 adalah USD 1.000 dan Goldman Sachs Group Inc memiliki prediksi lain yaitu USD 1.050, berbeda dengan Credit Suisse Group AG yang mengatakan USD 1.150.

Semoga saja harga emas benar-benar menujukkan perkembangan yang baik di awal tahun ini. Memang harga emas pernah masuk ke dalam masa yang memprihatinkan di tahun lalu. Namun tentu tidak menutup kemungkinan harganya akan kembali stabil. Apakah tahun ini emas masih terpercaya sebagai pelindung nilai? Kita tunggu saja perkembangan berikutnya. Semoga bermanfaat.