Apakah Membeli Emas dari Hasil Pegadaian Untung atau Buntung

By on 13 Januari 2016 | Artikel ini Sudah di baca 817 kali

Investasi Emas – Membeli emas dari hasil pegadaian untung atau buntung? Pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh banyak orang. Kebanyakan diantara mereka menanyakan apakah emas yang dibeli dari pegadaian memberikan hasil yang menguntungkan atau tidak. Pegadaian menjadi lembaga yang banyak dipercaya oleh para pengguna untuk menitipkan barangnya yang ingin ditukarkan dengan uang. Banyak pelanggan yang membutuhkan uang dalam waktu yang singkat, menggadaikan barang berharganya ke pegadaian. Di pegadaian sendiri, anda bisa menggunakan jasa ini untuk menggadaikan emas.

Emas menjadi salah satu barang yang sering diperjualbelikan untuk mendapatkan uang. Karena harga emas yang stabil membuat anda bisa menggunakan nya sebagai media untuk diperjual belikan. Namun banyak yang belum menyadari bahwa membeli emas di pegadaian bisa memberikan banyak keuntungan dan kerugian bagi anda. Keuntungan yang didapatkan bisa diperoleh dari harga emas yang lebih murah namun dengan kualitas yang bagus. Kualitas ini bisa dilihat dari bagusnya emas, seperti cincin, kalung, ataupun gelang.

Namun ada beberapa kerugian yang kemungkinan bisa didapatkan dengan sistem ini yaitu, kualitas emas yang menipu. Karena barang yang digadaikan tidak selamanya bagus, anda bisa terperangkap dalam jebakan emas palsu atau perhiasan palsu yang ada di pegadaian. Sebaiknya, anda menggunakan jasa ini ketika anda tidak membutuhkan emas dalam kualitas tinggi. Kualitas emas yang tinggi tidak bisa diharapkan dari emas di pegadaian. Karenanya, kualitas nya menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau. Disini menjadi titik kelemahan emas di pegadaian.

Mengenal Lebih Jauh Membeli Emas dari Hasil Penggadaian Untung atau Buntung?

Jumlah pegadaian yang terus bertambah menambah minat masyarakat untuk menggadaikan emas dalam jumlah yang banyak. Karena dengan langkah yang mudah, anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya itu, anda bisa mendapatkan emas kembali jika anda bisa mengembalikan uang yang telah dipinjamkan oleh pegadaian. Sistem yang digunakan oleh pegadaian dalam menjual emas adalah jika ada pengguna yang tidak bisa melunasi hutang nya kembali. Hal tersebut menjadi masalah dimana anda tidak bisa mendatkan barang lama anda. Terlebih jika barang tersebut merupakan barang yang berkualitas.

Membeli emas di pegadaian bisa memberikan anda keuntungan jika melakukan tips tips di bawah ini:

  1. Memilah milih emas
    Dalam proses lelang nantinya, anda diharuskan untuk menawarkan harga yang tinggi untuk salah satu barang yang digadaikan. Jika anda melihat barang yang berkualitas, maka wajar anda menawar dengan harga tinggi. Berbeda halnya jika anda mengajukan tawaran yang tidak sesuai dengan kualitas barang. Barang seperti emas memang tidak bisa ditentukan kualitasnya dengan mata telanjang. Tetapi dengan memilih lebih hati hati, anda bisa menyelematkan uang dan mendapat emas dengan kualitas bagus.
  2. Menawar dengan harga pantas
    Penawaran barang yang dilakukan harus dipikir dengan matang. Anda tidak boleh seenaknya menentukan harga. Harga yang anda tawarkan harus sesuai dengan barang yang dibeli. Apakah
    pantas atau justru kelebihan.

Orang yang Membeli Emas dari Hasil Penggadaian Untung atau Buntung?

Banyak orang yang sudah tertarik untuk membeli emas dengan skema ini, namun belum banyak yang menggunakan nya secara rutin. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya minat masyarakat untuk membeli emas dalam jumlah banyak di pegadaian. Karena mereka lebih memilih untuk membeli di toko emas meskipun harganya jauh lebih mahal. Karena kualitasnya yang sudah terjamin dan memiliki garansi. Garansi yang diberikan oleh toko emas memang tidak dimiliki oleh pegadaian. Inilah yang menjadi akar dari masalah Membeli emas dari hasil pegadaian untung atau buntung?