Apakah Itu Saham, Pemegang Saham Serta Pasar Saham?

By on 29 Desember 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.623 kali
Investasi Saham

Investasi SahamInvestasi Saham – Sebuah perusahaan tambang tembaga bernama Stora Kopparberg adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan sistem saham di abad ke-13. Kira-kira di mana ya itu? Namanya pakai berg? Ya betul….Austria, suatu wilayah di Skandinavia. Para pendukung keuangan dan pemilik merasa perlu untuk mengumpulkan uang untuk investasi di proyek-proyek baru dari perusahaan yang sama. Inilah yang menjadi alasan mengapa mereka mulai metode saham dan penjualan saham. Metode ini juga diperlukan untuk menangkal ancaman terhadap hak kepemilikan jika perusahaan dijual, yang berarti hilangnya kontrol secara penuh.

Investor mendapat dukungan keuangan yang mereka cari dan pada saat yang sama memecahkan masalah kepemilikan dalam kasus perusahaan itu dijual dengan pemberian saham kepada masyarakat. Plus, mereka menjual kepada sebagian orang dan masih mengendalikan kontrol atas perusahaan. Hanya dengan cara ini, pemilik mempunyai sejumlah  bagian dari aset, sebagai kekuatan untuk membuat keputusan kondisional. Sebagai imbalannya, mereka berbagi bagian dari keuntungan sebagai dividen dengan para pemilik saham.

Saham berdampak pada kepemilikan atau pembagian dalam sebuah perusahaan secara finansial. Ini memberikan para pemilik saham hak untuk mengklaim saham pada aset dan pendapatan perusahaan. Kedua jenis saham, saham yang preferen dan umum berbeda dalam banyak hal. Pemilik saham biasa dapat memilih pada pertemuan pemegang saham sedangkan pemilik saham  preferen tidak memiliki hak untuk memilih. Pemilik saham umum mendapatkan dividen yang diumumkan oleh perusahaan, sedangkan pemilik saham preferen memiliki klaim yang lebih tinggi dalam aset dan pendapatan perusahaan. Pemilik saham preferen memiliki hak untuk dividennya lebih awal dari pemilik saham biasa. Pemilik saham preferen mendapat prioritas ketika perusahaan bangkrut. Selain di dua jenis saham asli, jenis lain saham adalah saham kelas ganda dan treasury stock.

Seorang pemilik saham tidak bertanggung jawab untuk kerugian dalam kasus perusahaan ditutup dan harus membayar kembali pinjaman. Hilangnya pemegang uang saham terbatas pada kebijakan yang dibuat dengan mengubah aset menjadi uang tunai karena semua uang tersebut akan digunakan untuk membayar pinjaman kepada para kreditur.

Sebuah bursa efek adalah tempat di mana perdagangan saham dilakukan untuk menarik minat dari luar. Individu dan perusahaan membeli dan menjual saham secara besar-besaran. Umumnya, perusahaan pemilik perdagangan saham hanya dalam satu pasar tertentu dan berada di daftar bursa khusus. Namun, perusahaan-perusahaan multinasional besar bisa terdaftar di banyak bursa efek. Ini biasa disebut saham inter listed.

Ada berbagai metode untuk membeli atau menjual saham keuangan, namun yang paling umum di antara semuanya adalah melalui mediator yang disebut pialang saham. Saham dapat dibeli langsung dari perusahaan juga. Pasar saham suatu negara merupakan indikator ekonomi, yang sangat jitu menunjukkan pertumbuhan dan kekuatan pasar saham di negara masing-masing.