Apakah Investasi Properti Masih Manarik?

By on 28 Januari 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.727 kali
Properti

Apakah Investasi Properti Masih Manarik?

Investasi Properti – Investasi berkategori memiliki aset yang aman sering kali menjadi alternatif investasi ketika ekonomi dunia tengah bergejolak, contohnya adalah investasi emas dan investasi properti. Namun di kesempatan ini kita tidak akan membahas mengenai investasi emas, melainkan investasi properti. Benarkah jika investasi properti masih menarik?

Beberapa buku mengenai properti terus mengatakan jika harga properti selalu naik. Begitu pula ketika kita bertanya kepada agen properti. Mereka bahkan tidak akan segan memberikan beribu alasan mengapa investasi properti masih menarik dan menjadi investasi yang luar biasa. Namun, apakah alasan tersebut sesuai dengan kenyataannya?

Ada hal yang harus ditekankan dalam dunia investasi. Kalimat-kalimat dengan kata “pasti” bisa diartikan “secara historis”. Artinya jika Anda mendengar kalimat “Investasi properti pasti selalu naik”, maka arti sebenarnya dari kalimat ini adalah “Investasi properti itu secara hitoris naik”. Aset yang secara hitoris naik tidak berarti membawa keuntungan untuk Anda. Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi, Anda memerlukan pengalaman dan juga skill.

Apakah benar adanya jika investasi properti masih menarik? Melihat banyaknya permintaan akan properti, membuat investasi properti menjadi terus naik. Belum lagi ketika melihat terbatasnya lahan di kota-kota besar. Peluang investasi properti untuk di daerah pinggiran kota-kota besar juga ikut bertambah. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi properti.

Namun, benarkah jika profit investasi properti sebesar yang sering dikatakan? Pertumbuhan nilai properti dari 20 tahun yang lalu sampai sekarang jika dihitung-hitung lebih dari 100%. Sangat tidak aneh jika banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi properti ketika melihat kemungkinan tersebut.

Namun pertumbuhan tersebut belum disesuaikan dengan laju inflasi yang terjadi selama 20 tahun terakhir. Alhasil, pertumbuhan yang Anda lihat tersebut bagaikan bayangan belakan. Setelah disesuaikan dengan inflasi, harga sebuah properti sejak 20 tahun sampai sekarang ini adalah sama. Ini dikarenakan laju inflasi yang terus-terusan naik sejak beberapa tahun terakhir dan mempengaruhi harga komoditas.

Hal ini tentu saja tidak berarti jika kata-kata “investasi properti masih menarik” atau “investasi properti teru-terusan menguntungkan” adalah salah. Peluang untuk mendapatkan profit dalam dunia investasi tentulah terbuka lebar, terutama untuk Anda yang tekun dan memiliki wawasan yang luas.

Pelajaran yang bisa Anda ambil dari fakta ini adalah investasi bukanlah kegiatan yang dilakukan secara asal. Untuk melakukan investasi properti, Anda juga memerlukan keahlian. Tidak ada istilah “asal beli pasti untung” untuk investasi properti. Banyak aspek yang perlu diperhatikan, seperti lokasi, fasilitas dan lingkungan dari properti yang akan diinvestasikan. Diperlukan pula kesabaran dan kedisiplinan, karna sifat investasi properti yang unliquid alias tidak mudah dicairkan menjadi uang tunai. Selamat berinvestasi properti.