Apa Sajakah Keuntungan Berinvestasi Emas Berjangka?

By on 27 Maret 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.371 kali
Emas_Berjangka

Apa Sajakah Keuntungan Berinvestasi Emas Berjangka?

Investasi emas sepertinya sudah sangat mendarah daging dengan kebiasaan masyarakat di Indonesia. Tanpa sadar, orangtua kita mungkin pernah membeli emas, menyimpannya, dan menjual emas tersebut ketika sedang membutuhkan. Bisa dikatakan jika ini adalah investasi emas yang tidak disadari. Investasi ini memang seringkali menawarkan pilihan alternatif, antara sebagai sarana hedging nilai maupun sebagai sarana spekulan.

Sebagai terobosan baru, emas tidak hanya diperdagangkan di pasar fisik, namun juga di bursa komoditi berjangka. Tanpa harus memiliki fisik emas tersebut, Anda hanya membutuhkan kontrak yang sudah disepakati kuantitas, kualitas, waktu, dan tempat pengirimannya terlebih dahulu. Banyak yang menilai investasi emas berjangka ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan investasi emas fisik. Memangnya apa sih keuntungan berinvestasi emas berjangka?

Bila dibandingkan dengan investasi emas fisik, cara ini jelas lebih memiliki keamanan yang baik. Karena kita hanya memiliki kontrak, Anda tidak perlu merasa cemas jika emas yang dimiliki dicuri atau rusak. Ada pula hukum perdagangan berjangka yang setidaknya membuat investor merasa lebih aman. Belum lagi peran regulator-regulator yang mengatur berjalannya perdagangan di bursa berjangka agar tetap efektif, transparan, dan tertib. Berbeda dengan investasi emas fisik yang memaksa kita harus bersikap waspada setiap waktu. Tetapi tidak dapat dipungkiri juga kalau nilai emas berjangka mengikuti nilai emas fisik yang ada pada waktu tertentu.

Syukurlah, harga emas menunjukkan kondisi yang positif pada awal tahun 2014 ini. Perdagangan emas berjangka masih bergerak stabil seiring dengan pembelian emas fisik yang juga meningkat. Kenaikan ini kabarnya disebabkan oleh melemahnya bursa AS karena nilai mata uang Dollar AS yang tertekan.

Peluang keuntungan berinvestasi emas berjangka semakin terbuka dengan stabilnya pergerakan nilai emas sekarang ini. Namun, bagaimanakah jika nilai emas merosot? Tenang saja, ada fasilitas Transaksi Dua Arah (Two Way Transaction) dalam investasi emas berjangka. Ini memungkinkan investor untuk memperoleh keuntungan meskipun harga sedang positif maupun negative. Begitu pasar bergerak naik, investor bisa terlebih dahulu masuk ke posisi beli dan keluar dengan posisi jual. Lakukan yang sebaliknya untuk mendapatkan keuntungan ketika pasar bergerak turun.

Fleksibilitas investasi emas berjangka juga merupakan hal yang sering dicari-cari oleh para investor. Cukup duduk di depan layar dan Anda bisa melakukan transaksi dengan cepat dan juga mudah, tanpa harus pergi jauh-jauh untuk membeli atau menjual emas. Ini dikarenakan perdagangan emas berjangka dilakukan secara online yang dapat diakses setiap hari dan dari mana saja. Kefleksibilitasan investasi ini juga terlihat dari prosedur pembukaan rekening sampai penarikan dana yang mudah.

Itulah sedikit bahasan mengenai beberapa keuntungan berinvestasi emas berjangka yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.