Apa Itu Pasar Modal?

By on 8 Oktober 2015 | Artikel ini Sudah di baca 657 kali

Edukasi – Apa itu pasar modal? Merupakan sebuah pertanyaan yang kerap kali dilontarkan oleh para calon investor saham dan juga calon investor produk lain dalam pasar modal. Dewasa ini, bisnis menjanjikan yang banyak menjadi incaran banyak orang tak hanya sebatas produk yang nampak saja. Produk berupa saham ataupun surat berharga juga telah menjadi andalan banyak orang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi yang mereka jalankan. Meski mengandung beberapa risiko kerugian yang mungkin terjadi pada Anda, namun seluruh kendali untuk sukses berbisnis di pasar modal pun menjadi kunci utama yang harus Anda penuhi. Ketepatan dan kejelian pun menjadi salah satu indikator utama kesuksesan seseorang yang ingin memulai bisnis di pasar modal.

Beberapa hal itulah yang membuat pasar modal kini telah resmi menjadi sebuah instrumen utama bagi masyarakat yang ingin mendapatkan keuntungan sekaligus terlibat secara langsung dalam berbagai bisnis pada perusahaan besar. Dengan membeli saham ataupun memiliki obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka orang tersebut telah resmi menjadi anggota dalam investasi pasar modal. Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan pasar modal telah menjadi salah satu komponen utama dalam perkembangan perekonomian sebuah Negara. Sebelum Anda memahami lebih jauh mengenai apa saja keuntungan dengan bergabung dalam bisnis di pasar modal, maka Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu pasar modal? Berikut ini merupakan sedikit pengertiannya.

Instrumen Keuangan Jangka Panjang

Pengertian pasar modal yang pertama dan menjadi yang paling utama adalah pengertian pasar modal yang memperdagagkan instrumen keuangan jangka panjang. Apabila pada berbagai bisnis telah lama memperdagangkan berbagai barang dan bahkan juga tanah sebagai bentuk investasi, maka pasar modal memiliki jenis investasi yang sangat berbeda, yaitu investasi jangka panjang berupa surat-surat berharga dan juga saham dari berbagai perusahaan.

Produk perdagangan semacam inilah yang menjadikan bisnis di pasar modal menjadi sangat berbeda dibandingkan dengan investasi dalam bentuk properti atau yang lainnya. Dari segi keuntungan yang akan didapatkan, berbagai produk dari pasar modal tentu juga menjadikan keuntungan yang sangat besar. Hal itu akan sangat mungkin untuk terjadi terutama jika Anda selalu memkirkan setap keputusan dan langkah yang Anda ambil secara matang. Singkatnya, keputusan dan langkah Anda selalu menjadi kunci untuk beberapa langkah Anda ke depan termasuk besaran keuntungan yang mungkin Anda raih dari bisnis tersebut.

Sarana Pendanaan Sebuah Usaha

Pengertian lain dari keberadaan pasar modal adalah sebagai pendanaan sebuah usaha yang Anda miliki. Apabila Anda sedang merintis sebuah perusahaan baru, maka tentu saja Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk menjalankan usaha Anda tersebut. Ketika hal itu kini sedang terjadi pada Anda, maka pasar modal dengan produknya yang berupa obligasi dapat menjadi sarana bagi Anda untuk mendapatkan modal yang besar dan tentu saja tidak akan membuat Anda tercekik bunga pinjaman yang kian menanjak.

Obligasi atau surat utang yang diterbitkan oleh Negara pun dapat mendatangkan dampak positif untuk Anda yang memiliki dan untuk Negara yang menerbitkan. Dengan banyaknya obligasi yang berhasil terjual kepada pengusaha, maka pemberi modal pun akan mendapatkan keuntungan berupa meningkatnya perekonomian Negara tersebut. Beberapa hal tersebut menjadikan pasar modal masih menjadi komponen utama dalam perkembangan perekonomian sebuah Negara dan juga menjadi sarana bagi para pencari modal untuk mendapatkan pendanaan dengan tepat dan mudah. Hal itulah yang menjadikan Anda harus mengerti mengenai apa itu pasar modal? Sebelum akhirnya Anda terjun dalam bisnis tersebut.