Apa itu Dividen dalam Investasi Saham?

By on 29 Januari 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3.980 kali
Dividen

Apa itu Dividen dalam Investasi Saham?

Investasi Saham – Ketika bermain saham, seringkali kita bertemu dengan istilah dividen. Sebelumnya, apa itu dividen dalam investasi saham? Dapat dikatakan jika dividen sebenarnya adalah sejumlah uang yang dibagikan kepada pemegang saham secara rutin oleh perusahaan. Katakanlah jika perusahaan membagi keuntungannya kepada pemegang saham. Jika pemegang saham ingin mendapatkan dividen, ia harus setidaknya sudah memegang saham tersebut dalam kurun waktu yang relative lama.

Tujuan dari perkenalan apa itu dividen dalam investasi saham ini tentu saja untuk membuat Anda mengerti besarnya peran dividen bagi para investor saham. Penerbitan saham awalnya bertujuan sebagai simbiosis mutualisme antara perusahaan yang menerbitkan saham dan para investor. Dividen ini meripakan salah satu keuntungan yang didapat investor, sedangkan perusahaan mendapat keuntungan dari modal para investor.

Meskipun kelihatannya menarik, nyatanya pembagian dividen ini harus melalui proses yang cukup sulit dan pertimbangan yang cukup matang. Perusahaan perlu mempertimbangkan legalitas dan kondisi keuangan saat itu, apakah memungkinkan untuk membagi dividen atau tidak? Perusahaan juga perlu memikirkan hukum yang melegalkan pembagian dividen kepada pemegang saham. Biasanya hokum ini berlaku sesuai dimana tempat perusahaan tersebut berdiri.

Jumlah dividen yang dibayarkan oleh perusahaan juga berdasarkan cash flow yang terjadi di masa depan. Misalnya saja, cash flow meningkat, maka jumlah dividen yang dibagikan juga ikut bertambah, dan begitu pula sebaliknya.

Dividen juga dibagi-bagi kembali menjadi beberapa jenis, seperti Dividen Tunai, Dividen Skrip, Dividen Properti, Dividen Saham, dan Dividen Likuidasi. Perbedaan antara jenis-jenis dividen ini berdasarkan bentuk dividen yang nantinya dibagikan. Jika secara tunai, maka disebut Dividen Tunai. Sedangkan dividen skrip dalam bentuk wesel dan dividen properti dalam bentuk investasi properti. Dividen saham akan dibagikan dalam bentuk saham. Dan terakhir adalah dividen likuidasi yang dibagikan dengan memakai modal awal para pemegang saham. Biasanya dividen likuidasi ini akan berlaku jika sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan namun masih memiliki sedikit sisa kekayaan yang cukup untuk memulangkan modal para investor.

Mudah bukan, mengerti apa itu dividen dalam investasi saham. Sebenarnya, dividen bukanlah satu-satunya cara investor untuk menghasilkan uang ketika berinvestasi saham. Profit juga bisa didapatkan dalam bentuk keuntungan modal. Biasanya keuntungan ini bisa didapatkan dengan cara menjual saham yang Anda miliki ketika harganya sedang tinggi untuk mendapat profit dari selisih nilai jual dan nilai belinya.

Investasi saham memang terlihat mudah, apalagi dengan berbagai tawaran keuntungan yang menyertainya. Kenyataannya resiko bermain saham sama besarnya dengan return yang bisa Anda dapatkan. Istilahnya “High Return, High Risk”. Pemula seperti Anda harus bisa mengatur strategi terbaik dan tidak menganggap investasi saham sebagai judi, jika ingin menjadi investor saham yang sukses. Semoga bermanfaat.