Analisis Perhitungan Indeks Saham Dalam Dunia Bisnis

By on 22 Oktober 2015 | Artikel ini Sudah di baca 629 kali

Investasi Saham – Perusahaan menawarkan saham dengan tujuan baik perusahaan maupun investor memperoleh keuntungan. Cara perusahaan untuk memperoleh keuntungan adalah ditentukan dari teknologi yang diterapkan dalam perusahaan, sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan tersebut, sampai bentuk promosi yang dijalankan.  Semakin baik modal yang dimiliki oleh perusahaan, maka semakin tinggi harga sahamnya. Untuk menentukan harga saham, maka perusahaan perlu menggunakan Rumus menghitung indeks saham serta charge.

Rumus Perhitungan Indeks Harga Saham

Indeks Harga Saham merupakan indikator pergerakan harga saham apakah mengalami kenaikan atau penurunan. Dari indikator tersebut para investor dapat mengetahui mana saja pasar saham di perusahaan yang sedang atau masih aktif. Indeks saham yang dihitung akan memperlihatkan trend-nya. Rumus perhitungan Indeks Harga Saham adalah sebagai berikut:

IHS = (Ht / H0) x 100%

IHS merupakan singkatan dari Indeks Harga Saham. Ht adalah harga di saat waktu yang sedang berlaku. H0 adalah harga di saat waktu dasar. Dari hasi perhitungan Indeks Harga Saham, para investor dapat mengetahui seperti apa situasi yang sedang terjadi di pasar saham. Dengan mengetahui situasi pasar saham saat itu, maka sebagai investor, Anda dapat menentukan langkah untuk ikut bermain dalam saham tersebut atau tidak. Jika ternyata dari perhitungan tersebut menguntungkan, maka Anda dapat ikut ambil bagian dalam pasar saham yang sedang berlangsung. Agar Anda memperoleh keuntungan dalam saham, maka sebaiknya membeli saham pada saat Indeks Harga Saham dalam keadaan stabil.

Rumus Perhitungan Indeks Harga Saham Gabungan

Rumus perhitungan Indeks Saham lainnya adalah Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG. Jika untuk Indeks Harga Saham saja adalah indikator indeks individu, maka untuk Indeks Harga Saham Gabungan adalah indikator indeks keseluruhan saham. Rumus perhitungan Indeks Harga Saham Gabungan adalah sebagai berikut:

IHSG = (Ht / Ho) x 100%

Secara sepintas rumus perhitungan dari Indeks Harga Saham dengan Indeks Harga Saham Gabungan adalah sama. Namun sekali lagi perlu dicermati, jika untuk Indeks Harga Saham adalah individu, maka untuk Indeks Harga Saham Gabungan adalah jumlah keseluruhan alias total. Ht adalah total dari harga saham saat waktu yang sedang berlaku. Ho adalah harga di saat waktu dasar. Patokan bagi para investor agar memperoleh keuntungan adalah membeli saham saat kondisi pasar saham dalam keadaan stabil. Yaitu, dengan melihat angka perhitungan IHSG yang menunjukkan berada di atas seratus persen.

Rumus Perhitungan Capital Charges

Capital Charges adalah dana kas yang dipergunakan untuk dana pengganti investor. Ketika terjadi risiko bisnis dari sejumlah modal yang ditanam para investor, maka Capital Charges inilah yang menentukan berapa besar dana untuk menentukan besar dana yang diserahkan kepada para investor. Rumus perhitungan Capital Charges adalah sebagai berikut:

Capital Charges = Invested Capital x WACC

Invested Capital merupakan total pinjaman yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Pinjaman yang dilakukan di luar dari pinjaman dalam jangka pendek dan tidak melibatkan bunga di dalamnya. Contoh Invested Capital adalah DP konsumen, hutang pajak, atau lainnya. Sedangkan WACC atau Weigthed Average Cost of Capital merupakan dana untuk setiap komponen modal dari pinjaman jangka pendek maupun pinjaman jangka panjang. Itulah Rumus menghitung indeks saham serta charge.

Para investor tentunya harus paham dengan perhitungan Rumus menghitung indeks saham serta charge. Dengan mengetahui rumus tersebut, maka Anda, sebagai investor dapat melakukan perhitungan terhadap modal-modal yang Anda investasikan. Sehingga dapat menginvestasikan modal mereka di perusahaan yang tepat.