Alasan Kartu Kredit Layak Ditutup!!

By on 19 September 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2.723 kali
Kartu Kredit

Perencanaan Keuangan – Kartu kredit, bagi beberapa orang, dipandang sebagai alat pembayaran yang ampuh dalam membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, ada pula yang merasa terbebani karena memiliki kartu kredit. Bagi orang-orang ini, banyak yang akhirnya memilih untuk menutup kartu kredit mereka. Tentu saja, ini adalah hal yang mungkin dilakukan.

Lalu, bagaimana Anda tahu bahwa kartu kredit yang kini Anda miliki layak ditutup?

Pertama, jika Anda tidak bisa mengontrol diri saat berbelanja. Manfaat kartu kredit sangat tergantung si pemilik kartu kredit. Dan memang, semakin bijak Anda menggunakan kartu kredit, semakin besar pula manfaat yang ditawarkannya.

Namun, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan dorongan untuk berbelanja. Akibatnya, tagihan dan cicilan kartu kredit mereka tidak ada habisnya, dan mereka pun mulai keteteran dalam membayar kewajiban mereka.

Memang, keputusan terbaik bagi mereka adalah menutup kartu kredit untuk menghilangkan satu lagi “godaan” untuk belanja terus-menerus.

Kedua, jika Anda tidak ingin terbebani annual fee terus menerus. Jika Anda jarang menggunakan kartu kredit Anda karena Anda bukan penggila belanja atau Anda sudah punya kartu kredit lainnya, maka Anda sebaiknya menutup kartu kredit itu.

Menutup kartu kredit yang Anda jarang gunakan akan membantu Anda menghemat biaya annual fee. Anda bisa mengalihkan penghematan ini ke kartu kredit yang Anda  rajin gunakan.

Ketiga, jika kartu kredit Anda tidak cocok dengan gaya hidup Anda. Mungkin kartu kredit Anda jarang memberi diskon atau promo makan di merchant-merchant kesukaan Anda, padahal Anda pencinta kuliner. Atau, kartu kredit Anda tidak memiliki program air miles yang menguntungkan padahal Anda sering terbang ke luar kota atau negeri.

Jika kartu kredit Anda saat ini tidak banyak memberi keuntungan bagi gaya hidup Anda, maka Anda lebih baik menutupnya dan mencari kartu kredit yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keempat, jika total cicilan bulanan kartu kredit Anda sudah melampaui 30% dari penghasilan bulanan Anda. Jika Anda menjumlahkan semua cicilan kartu kredit yang Anda miliki, dan totalnya melampaui 30% dari penghasilan bulanan Anda, maka sudah saatnya mempertimbangkan menutup salah satu atau semua kartu kredit Anda.

Ini karena prinsip keuangan pribadi yang sehat adalah hutang tidak boleh melampaui 30% dari penghasilan. Jika hutang melampaui penghasilan, maka Anda tidak bisa membangun tabungan Anda, dan mengamankan anggaran pengeluaran Anda.

Anda juga tidak usah khawatir jika akhirnya memutuskan untuk menutup kartu kredit. Anda selalu bisa apply lagi untuk kartu kredit jika Anda sudah membangun kebiasaan berbelanja yang sehat atau menemukan kartu kredit yang sangat sesuai dengan gaya hidup Anda.

 

 

 

Sumber: HaloMoney.co.id

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.