Yen Mengalami Peningkatan, Kembali Diminati Karena Safe Haven

By on August 27, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,446 kali
Ilustrasi Yen

Yen Mengalami Peningkatan, Kembali Diminati Karena Safe Haven

Investasi Forex – Pada sesi perdagangan hari ini mata uang yen Jepang terpantau mengalami peningkatan yang signifikan terhadap rival-rivalnya, termasuk dollar AS (27/08). Yen menguat di tengah muramnya kinerja bursa-bursa saham global, termasuk bursa saham Asia. Bursa emerging markets di Asia mengalami penurunan tajam dan mengembalikan minat para investor terhadap mata uang yen yang dinilai sebagai investasi safe haven.

Bursa saham Asia pada sesi perdagangan hari ini mengalami penurunan tajam setelah nilai tukar mata uang India dan Indonesia mengalami penurunan besar-besara. Pasar saham emerging markets mengalami tekanan selama beberapa minggu belakangan di tengah kekhawatiran bahwa Fed akan mulai melakukan pengurangan stimulus pada bulan September mendatang.

Yen kembali membuktikan statusnya sebagai mata uang safe haven. Hari ini yen terpantau berada pada posisi 98.21 per dollar AS. Posisi mata uang ini mengalami peningkatan yang cukup besar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 98.50 per dollar AS. Pada sesi perdagangan hari ini nilai tukar yen berada pada posisi paling tinggi sejak tanggal 22 Agustus lalu.

(Ika Akbarwati, Vibiznews)