Yen Melemah ke Level ¥89 per Dollar Pada Akhir Tahun

By on June 3, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,359 kali

Yen Melemah ke Level ¥89 per Dollar Pada Akhir Tahun

Dollar-yen telah melemah hampir 3% pada bulan Mei, dari level tertinggi empat setengah tahun yang lalu. Saat ini yen berada pada kisaran 100 yen per dollar, dan kemungkinan akan mencapai 89 yen per dollar pada akhir tahun ini, menurut Clifford Bennet. Bennet merupakan kepala dari White Crane Group, perusahaan financial service, dia memprediksi dollar-yen akan anjlok hingga 11% dari level saat ini pada akhir 2013. “dollar-yen merupakan pasar mata uang yang paling overbought dibandingkan dengan yang lainnya minggu lalu, dan memiliki jalan yang berliku untuk kembali ke area netral pada posisi spekulatif yang tinggi” kata Bennet

Menurut Bennet, pelemahan dollar terhadap yen bisa terjadi jika data ekonomi Jepang menunjukkan perbaikan, dan investor kembali mengambil posisi short untuk yen, meskipun pemerintah Jepang berkomitmen untuk melemahkan mata uang .

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, diharapkan meluncurkan kebijakan tenaga kerja yang lebih fleksibel dan menangani isu-isu yang mendalam seperti membuka sektor pertanian atau melonggarkan hukun imigrasi di Jepang, setelah mengumumkan stimulus fiskal tahun ini, dan mendorong BoJ untuk mengadopsi kebijakan moneter agresif. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan Jepang, yang merupakan negara dengan  perekonomian terbesar ketiga di duni, mampu  meningkatkan daya saing. Sejauh ini kebijakan Abe telah melemahkan yen terhadap dollar lebih dari 25% sejak pertengahan November. (pap)