Yen Jepang Melemah

By on September 11, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,897 kali
yen2a

Yen Jepang Melemah

Investasi Forex – Yen Jepang melemah terhadap sejumlah mata uang utama dunia. Upaya Rusia untuk meminta Suriah menyerahkan senjata kimia menimbulkan spekulasi ini akan mencegah serangan AS ke Suriah. Ini membuat permintaan aset aman menurun, termasuk pada valuta asing yen. Di samping itu, data ekonomi China yang positif memicu pelaku pasar untuk mencari aset yang lebih berisiko.

Pasangan EUR/JPY, Selasa (10/9) pukul 17.00 WIB, menguat 0,47% menjadi 132,61 dibandingkan sehari sebelumnya. Pairing USD/JPY terangkat 0,55% menjadi 100,13 dan pasangan AUD/JPY naik 1,07% menjadi 92,873.

Data produksi industri dan penjualan ritel dari China menambah indikasi ekonomi China sudah mulai pulih. Penjualan ritel di Agustus naik 13,4% di banding periode yang sama tahun lalu. Hasil produksi industri juga melonjak 10,4% pada periode yang sama. Ini meningkatkan optmisme pasar dalam berinvestasi, sehingga cenderung beralih pada instrumen investasi yang berpotensi memberi return lebih tinggi.

Sementara, dollar Australia melanjutkan penguatan terhadap yen. Menurut Daru Wibisono, analis Monex Investindo Futures, penguatan aussie, sebutan dollar Australia ikut tertopang faktor fundamental di negara itu, yakni indeks kepercayaan pengusaha di Australia yang naik. Dollar Australia juga terangkat perbaikan ekonomi China sebagai mitra dagang. “Pasangan AUD/JPY masih akan menguat,” ujar Daru.

(Cindy Silviana Sukma, Sunarti Agustina, Kontan)