Waspadai Emas Sepuhan

By on July 2, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,235 kali
Emas

Waspadai Emas Sepuhan

Emas, selain disukai khususnya untuk perhiasan wanita namun di sisi lain emas juga bisa dijadikan tolak ukur sebagai tingkat kekayaan seseorang yang mana bisa kita lihat dari banyaknya emas yang dimiliki ataupun mereka gunakan. Nah, jenis bisnis yang juga diminati banyak orang salah satunya yaitu jual beli emas. Karena kita tahu harga emas akan cenderung mengalami kenaikan setiap tahun sehingga emas ini sangat tepat untuk dijadikan aset investasi para investor. Namun tak jarang orang yang menyukai perhiasan emas tapi secara finansial tidak sanggup untuk membelinya maka alternatif yang dilakukan adalah membeli jenis emas sepuhan atau biasa disebut imitasi karena harganya yang lebih murah. Akan tetapi dengan maraknya kasus seperti ini menjadikan beberapa oknum untuk memanfaatkan situasi ini, yaitu menjual jenis emas sepuhan/imitasi saat suatu permintaan akan emas mengalami peningkatan.

Dengan beredarnya emas sepuhan memang mengharuskan kita lebih berhati-hati terhadap semua jenis modus penipuan. Sehingga kita tidak tertipu ketika membeli emas dengan jenis emas sepuhan atau palsu, sebab emas sepuhan itu tidak mudah untuk kita bedakan dengan jenis emas asli. Meski demikian sebenarnya untuk mengetahui emas palsu dapat kita lihat berdasarkan ciri-cirinya seperti berikut :

  • Untuk emas imitasi, biasanya dibuat dari hasil mencapur emas murni dengan besi. Sehingga kita bisa lakukan pengujian dengan cara yang sederhana yaitu mendekatkannya dengan magnet. Apabila emas tersebut bisa menempel pada magnet maka bisa saja emas yang anda beli adalah hasil pemalsuan.
  • Untuk emas batangan, kita bisa pengecekan keaslian dengan cara menciumnya. Cara ini cukup sederhana karena apabila aroma dari emas tersebut anyir maka bisa saja emas tersebut hasil campuran dari besi.
  • Bisa dengan menggesekkan ke kaca, apabila kaca tersebut terdapat goresan maka emas anda bisa saja campuran.
  • Gesekkan emas pada pada keramik, apabila terdapat goresan pada kramik berwana hitam maka emas anda palsu.
  • Dengan cara menjatuhkannya, dan coba anda dengar dentingannya. Untuk emas yang asli suara dentignannya pelan dan lebih halus, dan apabila suaranya lebih seperti logam berat jelas itu adalah emas imitasi.
  • Dengan menusukkan jarum pada emas, apabila untuk emas asli sifatnaya lebih lembut dan lunak tapi jika ada unsur logam didalamnya maka jarum tersebut akan langsung bengkok.
  • Dalam menggunakannya, apabila terjadi iritasi pada kulit dan meninggalkan bekas hitam dikulit maka bisa jadi emas palsu, sebab untuk emas asli tidak menimbulkan alergi.

Terlepas dari ciri – ciri yang bisa anda lakukan pengecekan sederhana tersebut namun yang paling utama dalam mengetahui keaslian emas dengan mengunjungi ke sebuah toko emas kemudian pengecekannya dilakukan dengan alat yang sudah lebih modern dan khusus untuk mengecek emas. Biasanya alat yang digunakan berupa penimbang khusus atau sinar untuk melihat karat dan berat dari emas tersebut. Emas palsu atau sepuhan akan sangat terlihat dari pengukuran karat. Jadi apabila karat emas semakin berat maka emas milik anda juga semakin baik dan murni. Sedangkan emas palsu hanya memiliki nilai karat tidak lebih dari 10. Selain itu para ahli juga bisa melakukan pencampuran emas menggunakan asam klorida sehingga kandungan logam yang bukan emas akan terlarut, namun dengan cara ini bisa merusak emas sehingga cara ini sangat jarang dilakukan dalam mengetahui kemurnian emas.