Waspada Terhadap Modus Penipuan Belanja Online!!

By on July 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 550 kali

Edukasi – Kemajuan internet menyebabkan segala sesuatunya mudah dilakukan. Selain mudah mendapatkan ragam informasi, teknologi internet memudahkan berbelanja alias membeli barang secara online tanpa perlu capek-capek ke pusat perbelanjaan.

Saat ini cukup banyak toko online yang menawarkan jasa jual beli. Mereka juga menawarkan fasilitas antar langsung secara gratis ke seluruh Indonesia. Kamu bisa berbelanja di mana saja dan kapan pun dengan mudah karena banyak pilihan dengan harga yang cukup bersaing. Berbelanja jadi menyenangkan karena selain aneka barang yang ditawarkan, ada juga beragam promosi dan diskon yang menguntungkan konsumen seperti kamu. (Baca juga: Waspada Terhadap Kejahatan Perbankan)

Tetapi tunggu, akhir-akhir ini semakin banyak modus penipuan barang online. Kalau teledor, kamu justru akan mendapatkan barang yang tidak sesuai dari harapan. Itu masih lebih baik karena terkadang kamu bisa juga kehilangan uang tanpa mendapatkan barang yang dipesan.

Supaya lebih hati-hati, berikut lima modus penipuan barang online yang marak terjadi:

Biaya Pengiriman

Kebanyakan orang tergiur dengan murahnya harga di situs belanja online, tetapi sering lupa memperhitungkan biaya kirim yang harus dibayar untuk mendapatkan barang tersebut. Ingat, beberapa penjual mengenakan biaya pengiriman secara terpisah setiap itemnya. Jadi sebelum memesan, pastikan kamu tahu pasti kalau penjual tidak mengenakan biaya pengiriman. Banyak kok situs belanja online yang membebaskan kamu dari membayar ongkos kirim.

Situs Tak Jelas

Banyak situs-situs belanja online bermunculan dan menawarkan berbagai barang dengan promo yang menarik. Tetap waspada dan berhati-hatilah dengan situs yang tidak terjamin kredibilitasnya. Biasanya situs tersebut bertujuan mencuri semua data pribadi kamu saat sedang melakukan transaksi. Lebih baik bertransaksi dengan situs belanja yang jelas meskipun tidak memberikan promo apa-apa. (Baca juga: “Skimming” Kartu Modus Pencurian Data Perbankan Anda, Waspda!!)

Promo

Jangan mudah tergiur dengan penawaran termasuk promo dan diskon yang gila-gilaan yang tidak masuk akal. Misalnya saja tawaran smartphone yang harganya 60 persen lebih murah dari harga normal. Bila kamu nekat, kamu bisa kehilangan uang sementara smartphone itu tidak pernah kamu dapatkan.

Pajak

Biasanya pembeli di Indonesia jarang mempedulikan hal satu ini karena berpikir harga barang sudah termasuk pajak. Persepsi ini jelas salah. Kondisi diperburuk dengan belum ada mekanisme pembayaran pajak untuk jual beli barang online sehingga bisa dimanfaatkan oleh penjual nakal untuk mendapatkan keuntungan.

Jadi, apabila kamu berbelanja dan dibebani pajak, lebih baik urungkan untuk berbelanja.

Bukti Pembayaran

Simpan bukti pembayaran saat berbelanja online. Kebanyakan retailer online akan mengirimkan kamu konfirmasi dengan memasukkan angka yang tertera pada bukti belanja online yang lakukan. Kalau kamu kehilangan bukti transaksi, kamu tidak akan pernah mendapatkan barang yang kamu pesan. (Baca juga: Hati-Hati 5 Modus Penipuan Mengintai Pengguna ATM)

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney