Waspada Penipuan Investasi Emas

By on May 23, 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3,467 kali
Penipuan Investasi Emas

Investasi Emas – Emas telah disetujui di dunia secara konvensional sebagai asset investasi demikian menggiurkan. Para penipu kemudian mengambil celah dari daya tarik logam mulia ini dengan berbagai iming-iming. Tak tanggung-tanggung lembaga yang notabene bertugas melayani publik seperti bank dapat menjadi pelaku penipuan ini, di mana konsep seorang atau dua orang oknum diduplikasikan kepada seluruh karyawan yang pada akhirnya penipuan yang dilakukan menjadi penipuan kelembagaan yang bukan lagi melibatkan satu atau dua orang melainkan banyak orang. Pemerintah Indonesia sendiri kini telah mengatur regulasi dan sanksi untuk memperkecil peluang penipuan investasi emas oleh bank. Dari pengamatan terhadap bentuk-bentuk penipuan investasi emas yang pernah terjadi, terdapat tiga modus secara garis besar.

Penipuan investasi emas pertama: Fraud
Membeli memo emas ( perhiasan tua ) hanya setengah atau kurang dari harga emas dapat dianggap sebagai penipuan. Biasanya Pengusaha melakukan penipuan ini dengan mengumumkan penjualan sisa emas mereka di stasiun radio lokal dan menyewa lobi hotel untuk tujuan ini. Cara lain penipuan dengan modus yang sama adalah dengan menjual koin numismatik emas dengan harga yang jauh melampaui materi dan nilai kolektabilitas. Acapkali, sasaran penipuan investasi emas ini adalah orang tua yang dapat dengan mudah tertipu untuk transaksi bisnis ini.

Dari waktu ke waktu email dari Nigeria masuk  di inbox. Dalam kasus ini, seorang pengusaha dengan koneksi ke tambang emas Nigeria berusaha untuk menjual emas dengan takaran kilo untuk harga yang relatif lebih rendah dari tarif emas yang lazim saat ini. Tentu saja, ini merupakan  bisnis yang legal dan mereka benar-benar memiliki lisensi ekspor emas. Satu-satunya yang perlu digarisbawahi, untuk melakukan transaksi tersebut kita perlu terbang ke Nigeria, ( terserah kepada penerima email untuk memutuskan apakah ini adalah peluang bisnis yang sesungguhnya atau sebaliknya).

Penipuan investasi emas ke dua: Misinterpretasi
Bayangkan, bank menjual emas di mana pembeli tidak pernah menerima barang yang mereka beli secara  fisik, namun mereka membayangkan emas mereka disimpan dalam lemari besi bank. Bank selanjutnya memungut biaya-biaya penyimpanan pemilik emas, sedemikian halus dan sedemikian  mulus. Sekarang mari kita asumsikan pemilik logam mulia bersikeras hendak menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri  emas yang mereka simpan. Ternyata ditemukan bahwa bank tidak pernah sungguh-sungguh menjual dan menyimpan  emas. Lantas bagaimana seseorang akan menghubungi bank untuk meminta kembali biaya penyimpanan sesuatu yang tidak pernah disimpan? Apakah Anda kira kejadian ini sangat hipotetis, atau hanya akan terjadi di negara-negara cerdik? Tidak, kejadian ini terjadi di hampir semua negara.

Nah, di Amerika kasus penipuan investasi emas yang tak pernah ada wujudnya ini diduga terjadi di bank Morgan Stanley. Pada tahun 2005 gugatan class action diajukan terhadap Morgan Stanley. Namun diduga Morgan Stanley membuat atau menyediakan layanan investasi yang berbeda atas nama klien. Bank Morgan Stanley antara tahun 1986 hingga 2005 dituduh menjual emas fisik dan logam mulia lainnya untuk klien yang membayar biaya penyimpanan di bank tersebut. Hasilnya adalah bahwa Morgan Stanley harus membayar  4.4 juta USD untuk menyelesaikan gugatan class action tersebut.

Penipuan investasi emas ke tiga: Manipulasi Pasar
Apakah yang dimaksud dengan manipulasi pasar ? Manipulasi pasar adalah tindakan yang bermaksud merusak keseimbangan pasar keluar. Contoh kasus,  di awal tahun 2007 ada insiden terkait penjualan singkat  di antara saham-saham perusahaan pertambangan kecil. Di sini, saham secara besar-besaran dijual dalam rangka memaksa harga saham turun. Dapat juga kasus seperti ini yang terjadi: pemerintah bisa dicap sebagai manipulator pasar bila membatasi perdagangan bebas emas. Pemerintah Vietnam pernah  melakukan manipulasi pasar seperti ini. Di awal tahun 2011 dilaporkan bahwa pemerintah Vietnam mempunyai rencana untuk melarang perdagangan emas batangan di pasar bebas.

Apa yang dapat Anda pelajari dari artikel ini? Bahwa investasi emas adalah suatu tawaran yang 100% perlu Anda coba bahkan tingkatkan dan penipuan investasi emas adalah perkara lain seperti apapun macamnya penipuan di dunia ini akan selalu ada dan tetap saja ada. Wawasan mengenai penipuan investasi emas akan membuat Anda waspada dan bukan menyurutkan niat Anda pada lahan yang  penuh buah ini.

 

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Pakar Investasi Apps di Android Anda.