Waspada!! Kenali Pialang Berjangka yang Anda Gunakan

By on October 4, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 754 kali
Broker Ilegal

Penipuan Investasi – Berita-berita miring seputar penipuan bermodus sebagai pialang investasi semakin marak saja di Tanah Air. Usut punya usut, kasus ini berawal dari perusahaan-perusahaan fiktif yang menawarkan jasa sebagai pialang di investasi berjangka. Memang sih tawaran mereka sangatlah persuatif, dengan iming-iming keuntungan sebesar-besarnya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Padahal, perusahaan-perusahaan ini sama sekali tidak memiliki izin resmi dari dua otoritas bursa utama, yaitu Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (BAPPEBTI).

Siapa lagi yang akhirnya dirugikan pada akhirnya, jika bukan masyarakat awam. Karena inilah, Anda harus Waspada!! Kenali pialang berjangka yang Anda gunakan. Ditengah-tengah hingar bingarnya BBJ dan BAPPEBTI melakukan kampanye sistem perdagangan berjangka yang transparan, bersih, dan kredibel untuk masyarakat, kasus penipuan ini malah semakin marak.

Kira-kira apa ya penyebab kasus seperti ini terus berulang? Sebenarnya sih penyebabnya juga tidak jauh-jauh dari masyarakat yang menjadi korban itu sendiri. Kurangnya pemahaman masyarakat akan definisi dan cara kerja investasi bagaikan umpan segar bagi para penipu. Investor-investor pemula yang baru pertama kalinya terjun di dunia investasi adalah mangsa empuk. Investor pemula cenderung mudah tergiur dengan keuntungan besar, tanpa mengetahui terlebih dahulu potensi risikonya.

Karakter masyarakat Indonesia juga termasuk ke dalam faktor ini. Kita cenderung latah atau sering ikut-ikutan trend yang sedang hangat, termasuk dalam bidang investasi. Tanpa bekal yang cukup, mereka langsung saja memasuki dunia bisnis keuangan. Jelas sekali jika para penipu yang lebih ‘pintar’ dari mereka ini akan memanfaatkan kesempatan besar seperti ini.

Mengacu pada faktor-faktor inilah, masyarakat sangat disarankan untuk terlebih dahulu mempelajari risiko dan juga karakteristik produk investasi yang menjadi pilihannya. Mereka juga harus pintar-pintar dalam memilih perusahaan pialang yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih perusahaan berjangka.

  1. Sebaiknya cari perusahaan pilang yang diakui secara resmi. Paling tidak perusahaan pialang ini memiliki aspek legalitas dalam naungan Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) atau BBJ. Izin operasi dari BAPPEBTI juga diperlukan.
  2. Sebaiknya Anda memilih perusahaan pialang yang sudah terbukti memiliki layanan terbaik, entah itu dari aspek kemudahan edukasi dan transaksi.
  3. Perhatikan pula tempat Anda melakukan investasi dan konsultasi. Sebaiknya Anda melakukan kegiatan seperti ini di kantor cabang resmi dari perusahaan pialang tersebut.
  4. Mengenal karakteristik investasi atau bisnis yang sedang Anda geluti juga merupakan langkah penting.
  5. Poin terakhir, pastikan kembali produk yang diperdagangkan adalah produk resmi dari BKDI atau BBJ.

Demikianlah sedikit langkah untuk mewaspadai pialang berjangka gadungan. Mari menjadi masyarakat yang beredukasi. Semoga bermanfaat.