Waspada, Ini Bisnis Online yang Sering Menjadi Sasaran Penipuan

By on March 8, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 191 kali
Penipuan Perbankan

Bisnis – Melesatnya perkembangan teknologi, khususnya internet membuat banyak peluang bisnis hadir di dunia maya. Para konsumen pun merasa terbantu dengan kehadiran bisnis online dalam rangka memenuhi keinginan dan kebutuhan.

Namun walau begitu, nyatanya masih banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dan melakukan penipuan lewat bisnis online. Berikut 5 bisnis online yang kerap jadi modus penipuan saat ini:

Bisnis pin konveksi

Bisnis pin konveksi kerap kali menelan korban. Bisnis online satu ini rawan menjadi modus penipuan dan kerap kali merugikan banyak orang dari berbagai kalangan mulai dari ibu-ibu muda hingga kalangan pelajar. Bisnis ini sempat heboh saat zamannya bbm alias blackberry messenger sedang booming.

Biasanya modus penipuan ini menggunakan broadcast message yang mengatakan  kamu bisa mendapatkan kontak/pin dari supply chain industri konveksi. Mulai dari pin pemasok bahan-bahan tertentu, pin pabrik jahit dan sebagainya dengan membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Padahal ternyata semua data yang diberikan itu palsu, pin yang diberikan merupakan fake account.

Bisnis data supplier

Hampir sama seperti pin konveksi, lewat bisnis data supplier kamu harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu sebelum nantinya masuk ke dalam grup line/bbm/whatsapp. Setelah kamu masuk grup, kamu akan mendapatkan kontak-kontak supplier, mulai dari supplier baju sampai makanan yang ternyata tidak valid.

Dengan iming-iming untung besar dalam waktu singkat, banyak orang tertipu oleh bisnis online satu ini terutama di kalangan pelajar.

Bisnis agen pulsa

Masih dengan cara yang serupa, kamu akan diminta untuk membayar sejumlah uang untuk deposit pulsa dalam bisnis satu ini. Setelah kamu membayar sejumlah uang, seharusnya kamu mendapatkan deposit pulsa untuk dijual kembali tetapi nyatanya kamu akan dipusingkan dengan berbagai sistem penjualan yang rumit, dan ujung-ujungnya uangmu terpakai untuk hal yang tidak jelas.
Bisnis online palsu

Untuk kamu yang suka beli barang lewat online, sebaiknya hati-hati dalam melakukan transaksi. Cari tahu terlebih dahulu data penjual dan review dari pelanggan. Karena tidak sediki pedagang nakal yang melakukan modus penipuan.

Ketika uang telah dikirim, barang yang kamu inginkan tidak kunjung sampai atau justru barang yang datang tidak sesuai dengan keterangan dan jenis yang tertera sebelumnya.
Bisnis hp murah

Pernah dapat broadcast message jual hp murah bahkan harganya melebihi setengah harga asli? Jangan percaya dengan hal tersebut! Itu merupakan salah satu modus penipuan bisnis online yang tidak bertanggung jawab.

Jangan tergiur iming-iming harga smartphone baru murah yang melebihi setengah harga asli bahkan bisa hanya 30% dari harga asli saja.

 

 

 

Oleh: Rafly Aditia/ cekaja.com

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty