Wall Street Pekan Ini: Menanti Resolusi Anggaran

By on February 25, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,579 kali

Wall Street Pekan Ini: Menanti Resolusi Anggaran
Pekan ini menjadi periode mendebarkan bagi pelaku pasar saham dan pemerhati ekonomi di Amerika Serikat (AS). Tepat pada hari Jumat tanggal 1 Maret 2013 nanti, pemangkasan belanja pemerintah otomatis aktif apabila jalan keluar baru tidak didapat.

Jika pejabat legislatif di Washington gagal menciptakan solusi terkait polemik anggaran, maka per bulan Maret sebagian program ekonomi pemerintah federal dan aktivitas departemen harus dibekukan. Pasalnya dana yang dibutuhkan untuk menjalankan seluruh rancangan program tidak akan cukup. Kondisi ini akan berdampak pada ketidakseimbangan anggaran untuk pegawai negeri, penurunan tunjangan pekerja bahkan bisa memicu kisruh operasional di bandar udara karena jumlah karyawan di banyak airport pasti berkurang.

Memang kecil kemungkinan pihak pemerintah dan parlemen akan diam saja menyikapi kendala anggaran. Pun jika akhirnya sebuah kebijakan permanen gagal diambil, kemungkinan besar pemangku kepentingan di Washington siap mengajukan penundaan pemotongan anggaran otomatis hingga beberapa bulan.

Selain agenda politik tersebut, beberapa indikator ekonomi fundamental juga dijadwalkan keluar sepanjang pekan ini. Estimasi ke-dua produk domestic bruto (GDP) Amerika untuk kuartal IV 2012 dirilis hari Kamis (28/02). Pada estimasi pertama lalu, GDP menunjukkan kontraksi pertamanya dalam lebih dari tiga tahun terakhir seiring pemangkasan belanja pemerintah dan penurunan aktivitas bisnis. Adapun data yang akan mencerminkan tingkat kesejahteraan warga juga diagendakan keluar dalam beberapa hari ke depan, yaitu consumer confidence, penjualan otomotif dan indeks sentimen Michigan. Data-data tersebut diprediksi tidak akan terlalu bagus karena konsumen dipaksa mengawali tahun 2013 di tengah peta kebijakan yang tidak berpihak seperti perubahan pajak penghasilan, kenaikan harga bahan bakar dan penundaan refund pajak penghasilan. Semuanya merupakan variabel yang memberatkan tingkat konsumsi masyarakat Amerika. Survei yang diadakan oleh National Retail Federation menemukan bahwa tiga perempat responden telah memangkas porsi belanjanya sesuai dengan perubahan pungutan pajak tahun ini. Separuh narasumber berencana memotong belanja semua komponen rumah tangga, sepertiganya menyatakan segera mengurangi konsumsi makan dan jajan, sementara seperempat warga hanya akan memangkas pengeluaran untuk rekreasi, liburan dan perjalanan.

Data lainnnya yang kan keluar adalah indeks perumahan versi Case-Shiller, konstruksi rumah baru dan belanja bangunan. Lebih dari separuh ekonom yang disurvei CNN sepakat pemulihan sektor hunian adalah kunci pemulihan ekonomi tahun ini. Pada 2012, penjualan rumah naik ke level terkuat dalam lima tahun terakhir di tengah naiknya minat membangun rumah ke titik terbaik sejak resesei. Kombinasi antara suku bunga rendah, kenaikan harga rumah dan penurunan jumlah gagal bayar berhasil menarik minat konsumen terhadap pasar hunian.

Pekan lalu merupakan lima hari terburuk bagi dua indeks utama di tahun 2013 ini. S&P 500 dan Nasdaq kehilangan masing-masing 0,3% dan 1%. Sementara Dow Jones sukses menutup pekan dengan penguatan tipis 0,1%.