Wall Street Ditutup Bervariasi

By on June 11, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,538 kali

Wall Street Ditutup Bervariasi

Saham-saham di Wall Street ditutup bervariasi pada Senin (Selasa pagi WIB), setelah Standard & Poor`s menaikkan prospek peringkat utang AS dan data ekonomi yang keluar dari China mengecewakan.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 9,53 poin (0,06 persen) menjadi 15.238,59, lapor AFP.

Indeks berbasis luas S&P 500 merosot 0,57 poin (0,03 persen) menjadi 1.642,81, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 4,55 poin (0,13 persen) pada 3.473,77.

Sebelum perdagangan dibuka, S&P menaikkan peringkat prospek utang untuk Amerika Serikat, mengatakan sekarang ada kurang dari satu dalam tiga kesempatan untuk penurunan peringkat dalam waktu dekat.

S&P mengutip agak membaiknya iklim politik AS setelah kesepakatan “jurang fiskal” akhir tahun 2012 dan lingkungan ekonomi AS yang akan mendorong negara itu “menyamai atau melebihi rekan-rekannya di tahun-tahun mendatang.”

Selama akhir pekan, China melaporkan produksi industri Mei naik sebesar 9,2 persen tahun-ke-tahun, sedikit lebih lemah dibandingkan dengan kenaikan 9,3 persen pada April.

Investasi aset tetap China — ukuran penting pengeluaran pemerintah di ekonomi terbesar kedua di dunia itu — naik 20,4 persen dari Januari sampai Mei dibandingkan dengan tahun lalu, melambat dari kenaikan 20,6 persen pada empat bulan pertama tahun ini.

Apple merosot 0,7 persen setelah meluncurkan iTunes Radio Service sebagai pesaing streaming musik Pandora dan Spotify. Peluncuran ini dilakukan pada konferensi pengembangan tahunan Apple di San Francisco.

Pandora naik 2,5 persen.

Pembuat pakaian yoga Lululemon Athletica naik 1,0 persen selama sesi, namun turun 9,1 persen dalam perdagangan “after-hours” setelah perusahaan mengumumkan kepala eksekutif Christine Day akan mundur setelah pemimpin baru ditentukan.

Google naik 1,2 persen menyusul laporan raksasa teknologi ini mendekati kesepakatan untuk mengakuisisi aplikasi pemetaan Israel Waze. Laporan-laporan media menempatkan ukuran dari kesepakatan itu berkisar pada 1,0-1,3 miliar dolar AS.

McDonald naik 1,3 persen setelah melaporkan bahwa penjualannya di AS naik 2,4 persen pada Mei. Segmen internasional jaringan makanan cepat saji itu juga mencatat kenaikan.

Raksasa teknologi agro Monsanto naik 4,5 persen setelah Macquarie mengangkat peringkat sahamnya menjadi “outperform”, Dow Jones Newswires melaporkan.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi negara AS 10-tahun naik menjadi 2,22 persen dari 2,16 persen pada Jumat sore, sementara pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 3,37 persen dari 3,32 persen. Harga obligasi bergerak terbalik terhadap imbal hasil.

(B Kunto Wibisono, AntaraNews)