Wall St Cemaskan Nasib Cyprus

By on March 20, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,168 kali

Wall St Cemaskan Nasib Cyprus

Sebagian besar saham di Wall Street berbalik diperdagangkan melemah pada hari Selasa di tengah kekhawatiran bahwa parlemen Cyprus akan menolak skema bailout yang ditawarkan Uni Eropa.

Mengawali perdagangan dari zona hijau, Dow Jones Industrial Average harus berbalik melemah lebih dari 50 poin dengan dipimpin oleh saham Caterpillar. Penutupan yang lebih rendah akan menghantarkan indeks blue-chip ini mencatat penurunan 3 sesi beruntun yang pertama untuk tahun 2013. Kendati demikian, Dow masih tetap bertahan di jalur menuju kinerja kuartalan terbaik sejak tahun 1998.

Performa lemah juga diperlihatkan S&P 500 dan Nasdaq Composite, yang masing-masing harus kehilangan 0,75% dan 0,85% sejauh ini.

Sentimen Wall Street berbalik negatif setelah seorang juru bicara partai berkuasa di Cyprus mengatakan bahwa pihaknya akan abstain dalam voting bailout. Sementara menteri keuangan Cyprus juga dikabarkan telah mengajukan pengunduran diri, meskipun pengajuan tersebut belum dikabulkan. Rumor bahwa Cyprus akan meninggalkan blok Euro juga turut merusak mood pasar.

Dari sisi fundamental, data yang dirilis hari Selasa menunjukkan pembangunan rumah di AS meningkat 0,8% pada bulan Februari menjadi 917.000 unit. Ijin pembangunan juga melonjak ke level tertinggi sejak 2008, berdasarkan laporan Departemen Perdagangan AS.

Selain itu fokus investor juga tertuju ke pertemuan kebijakan 2 hari Federal Open Market Committee (FOMC) yang dimulai hari ini. Pelaku pasar akan coba mencari petunjuk tentang kemungkinan penghentian QE3 oleh Fed yang lebih cepat dari ekspektasi.