Walau Anda Ingin Memberi Hadiah, Anda Tak Harus Menjadi Pemboros

By on January 14, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,197 kali

Walau Anda Ingin Memberi Hadiah, Anda Tak Harus Menjadi PemborosPerencanaan Keuangan – Memberi hadiah tidak harus boros. Seperti kata para jago keuangan, ’semua harus dihitung’. Tapi jangan seperti orang menganggur menghitung berapa rambut yang rontok hari ini, atau berapa keringat yang menetes hari ini. Jika hari ini rambut Anda belum rontok sebanyak seratus helai, atau keringat Anda belum menetes hingga satu ember, berarti Anda belum bekerja keras….hehehe….itu mah kurang kerjaan! Dengan kemauan untuk menghitung, menunjukkan bahwa orang dapat mulai memotong pengeluaran untuk hadiah yang akan menghabiskan biaya jutaan rupiah. Cara terbaik adalah untuk memilih hal-hal yang mungkin tidak begitu mahal tapi pasti akan membawa sukacita dan hiburan kepada orang yang akan menerima hadiah.

Jadi, jika Anda ingin memberikan hadiah tapi dengan anggaran yang ketat, tidak khawatir lagi karena ada banyak cara untuk memotong kembali pada harga tetapi masih bisa memberikan hadiah yang akan sangat dihargai.

Menyicil Membeli Hadiah Jauh Hari

Jika Anda tidak melakukan ini sebelumnya, cobalah  untuk melakukannya sekarang. Berbelanjalah untuk seluruh hadiah sepanjang tahun. Ini berarti mengurangi kerumitan dan mengurangi biaya yang otomatis dapat menghemat lebih banyak uang. Yang penting di sini adalah bahwa jika Anda tidak merencanakan terlebih dahulu, Anda hany akan berakhir menghabiskan lebih banyak uang.

Anda dapat mencoba membeli hadiah di bazaar, penjualan khusus, dan perjalanan luar kota, yang dapat Anda simpan dalam lemari hadiah Anda. Dengan cara ini, Anda dapat membeli barang-barang dengan harga yang jauh lebih rendah daripada menunggu berdekatan dengan waktu liburan di mana harga mungkin sudah naik dan Anda tidak dapat leluasa memilih hadiah terbaik.

Namun, untuk memastikan bahwa Anda tidak memberikan hadiah yang sama dua kali, Anda harus membuat inventarisasi semua hadiah Anda. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengawasi apa yang Anda miliki dalam cadangan hadiah Anda.

Atau, selain menimbun hadiah, kumpulkan kertas pembungkus, pita, dan segala aksesoris lain pula. Sebuah hadiah dihargai lebih baik bila dibungkus indah.

Jadilah Kreatif

Tidak ada yang bisa lebih menyenangkan daripada hadiah yang khusus dibuat oleh orang yang memberi hadiah. Membuat hadiah Anda dengan sentuhan pribadi jauh lebih baik daripada barang-barang yang dibuat secara komersial. Dengan cara ini, Anda tidak hanya membuat senyum kepada orang yang akan menerima hadiah, namun juga akan mengurangi jumlah yang besar dari pengeluaran Anda.

Tip Pengorganisasian

Salah satu cara terbaik dalam menghemat uang untuk hadiah akan diselenggarakan dengan proses tersebut. Artinya, sebelum pergi ke toko untuk berbelanja hadiah, bawalah selalu daftar belanja Anda. Dalam daftar ini harus dicantumkan nama-nama orang kepada siapa Anda akan memberikan hadiah dan anggaran untuk masing-masing orang.

Intinya adalah bahwa hadiah tidak harus mahal. Yang paling penting adalah bahwa Anda telah memikirkan orang pada hari yang sangat istimewa dan itu sudah cukup untuk membuat mereka merasa bahwa mereka istimewa dalam penilaian Anda.