Waktu yang Tepat Untuk Investasi Emas

By on September 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 296 kali

Investasi Emas – Kapan waktu yang tepat untuk investasi emas? Mari kita lihat terlebih dahulu alasan mengapa emas begitu diburu oleh banyak kalangan untuk menjadi instrumen investasinya (yang mungkin merupakan alasan Anda pula). Emas merupakan instrumen investasi yang aman. Jika Anda menginvestasikan sejumlah uang ke dalam bank, maka uang yang Anda simpan tersebut lama-kelamaan akan tergerus oleh biaya administrasi bank dan sebagainya. Apabila Anda menyimpannya ke lembaga keuangan lain, tentu memerlukan biaya administrasi, broker, pajak, dan lain-lain. Tetapi emas tidak. Kemudian, emas merupakan sarana untuk Anda menginvestasikan uang ke dalam keuntungan yang signifikan, apabila untuk jangka menengah ataupun panjang. Tidak seperti investasi saham yang sangat beresiko, harga logam mulia ini cenderung stabil dan menjanjikan. Harga emas cenderung stabil terhadap fluktuasi harga minyak dunia dan tingkat inflasi sebuah negara. Beberapa alasan lain adalah likuiditasnya yang tinggi atau mudah dicairkan. Banyak Lembaga Keuangan, Pegadaian, ataupun Toko Emas yang dengan mudah memenuhi kebutuhan Anda dalam hal pencairan dana melalui emas dalam proses yang cepat, tidak seperti instrumen lain layaknya properti, kendaraan, ataupun obligasi yang memerlukan proses dapat lebih satu hari karena peminatnya yang terbatas.

Berbagai alasan menariknya investasi pada logam mulia emas telah terjawab. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk investasi emas? Sekarang juga!. Emas merupakan investasi untuk jangka menengah dan jangka panjang. Emas akan menunjukkan keperkasaannya dalam kurun waktu satu sampai dua tahun. Mengapa sekarang juga? Karena saat ini harga emas pada di titik terendah. Logikanya, Anda akan mendapatkan harga yang murah untuk membeli, dan Anda akan menuai lonjakan nilainya dalam beberapa tahun ke depan. Banyak pengamat memperkirakan di tahun 2015 ini adalah saat yang tepat untuk berinvestasi emas karena harganya yang sangat murah. Dan akan mengalami kenaikan atau kembali kepada trek yang seharusnya seiring dengan berjalannya waktu, beberapa tahun ke depan akan kembali ke level tertinggi. Hal yang disarankan untuk setiap instrumen investasi adalah rencana keuangan dan tujuan investasi, tidak terkecuali emas. Kita tidak perlu khawatir dengan fluktuasi harga emas harian karena pada dasarnya investasi emas merupakan investasi yang menguntungkan serta aman untuk rencana keuangan Anda 1-2 tahun, atau bahkan 5-7 tahun ke depan. Catatan sejarah menyatakan bahwa kenaikan harga emas rata-rata 20 persen per tahunnya. Padahal bunga instrumen investasi pada deposito hanya 5-6 persen. Menarik bukan? Jika Anda memiliki sejumlah uang tunai dan sedang bingung untuk diapakan, sekarang juga sangat dianjurkan menginvestasikan uang tersebut untuk membeli salah satu logam mulia ini.

Pada saat yang ketidakpastian kondisi ekonomi global yang tidak pasti dan tidak menentu ini, merupakan waktu yang tepat untuk investasi emas. Emas memiliki karakter yang adil. Emas tidak memiliki karakter yang mematikan seperti saat seseorang berinvestasi pada pasar saham. Apakah emas tidak memiliki riwayat untuk turun harga? Ya, pasti ada. Seperti sekarang ini, harga emas sedang mengalami penurunan perlahan. Tetapi emas juga memiliki riwayat untuk stabil dan sering memiliki kecenderungan menghasilkan profit yang nyata. Untuk itulah saat ini, sekarang juga, adalah saat yang tepat untuk membeli dan menginvestasikan uang Anda ke dalam bentuk kepemilikan emas karena dapat dipastikan nilainya yang akan melambung lagi dari tahun ke tahun. Anda pun dapat memantau harganya sendiri. Anda dapat menyimpannya di rumah, brankas baja, ataupun layanan penyimpanan yang disediakan oleh bank-bank besar.

Anda bisa mengaplikasikan niatan Anda untuk memiliki emas dengan membelinya di toko-toko emas, ataupun demi keamanan, Anda dapat melihat agen penjualan yang resmi, atau bisa juga membeli langsung secara online di beberapa situs terpercaya. Selamat berinvestasi!