Waktu yang Tepat Berinvestasi Emas

By on June 21, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,543 kali
Investasi Emas

Waktu yang Tepat Berinvestasi Emas

Kapan waktu yang tepat berinvestasi emas? Memang kerap kali pertanyaan itu muncul, namun sebelum menjawabnya ada baiknya kita mengetahui tujuan dari berinvestasi emas itu untuk apa sih, apa untuk masa depan? tabungan? atau malah untuk pendidikan anak?. Nah, pada dasarnya emas itu merupakan suatu benda yang dapat kita gunakan untuk investasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang, maksudnya hal ini sangat cocok digunakan untuk merencanakan keuangan kita untuk 1 atau 2 tahun ke depan. Sebab dalam berinvestasi emas sendiri keuntungannya akan bisa kita rasakan minimal dalam rentan waktu 1 tahun. Jadi kita tidak usah khawatir mengenai pergerakan harga emas di pasaran tiap harinya, apabila anda benar-benar paham bahwa emas tersebut masih akan anda gunakan untuk beberapa tahun lagi.

Dengan demikian kembali lagi ke pertanyaan awal, kapan waktu yang tepat berinvestasi emas? Setelah kita bahas tujuan daripada investasi emas diatas mungkin anda sudah ada gambaran kapan waktu yang paling tepat. Ya, waktu terbaiknya yaitu apabila kita sudah memiliki rencana maupun tujuan yang sudah jelas. Jadi saat itulah kita bisa mengalokasikan uang kita untuk membeli emas sebagai bentuk investasi. Namun jangan khawatir semisal harga emas esok harinya menurun karena memang kita tidak akan menjualnya besok kan? melainkan 1 atau 2 tahun lagi. Disisi lain banyak pula perusahaan yang menawarkan investasi emas dengan bunga menarik yaitu sekitar 2% tiap bulan. PT Goldenmakmur misalnya, menawarkan investasi bagi investor dengan hasil imbalan 18 juta tiap bulannya hanya dengan berinvestasi emas seberat 1 kg atau setara dengan uang 720 juta. Meskipun pada mulanya PT Goldenmakmur memberi bank garansi kepada para investor yang berinvestasi selama 6 hingga 12 bulan, namun tidak untuk yang 4 bulan investasi.

Goldenmakmur juga memberikan 4 skema dalam berinvestasi dengan imbalan 2,5 hingga 2,75 persen tiap bulannya. Misalnya saja terdapat 3000 investor dengan imbalan Rp. 18 juta, maka PT Goldenmakmur wajib mempersiapkan dana sebesar Rp. 54 miliar tiap bulannya guna melakukan pembayaran cashback.


Sedangkan untuk Multi Dana Gold memberikan 2 skema dalam berinvestasi. Untuk yang pertama yaitu pemegang fisik, disini seorang investor secara fisik bisa mendapatkan emas batangan apabila mereka telah melakukan pembelian minimal Rp. 75 juta atau sekitar 100 gram emas. Jadi Multi Dana Gold disini memasang harga emas tiap gramnya sebesar Rp. 750 ribu. Untuk pemegang fisik tersebut mempunyai kontrak jangka waktu 6 bulan hingga 1 tahun. Namun ketika stoknya habis , Investasi seorang nasabah bisa dicairkan sesuai harga beli dan ini tiap bulannya mendapat nilai investasi sebesar 2%. Untuk skema yang kedua yaitu investasi dalam bentuk non-fisik, disini maksudnya seorang investor dapat melakukan pembelian emas dan menitipkannya di perusahaan. skema ini berbeda jika dibandingkan dengan fisik. yang mana syaratnya untuk berinvestasi bagi investor cukup dengan 25 gram emas saja. Tentu harganyapun juga disesuaikan dengan yang berlaku. Gimmick yang ditawarkan Multi Dana Gold yaitu sebesar 8% dari investasi tiap bulannya.

PT Primaz dan PT GBI sama halnya dalam menawarkan skema untuk berinvestasi. Untuk Primaz memasang harga Rp. 700 ribu tiap gram dengan minimal jumlah pembelian 100 gram emas, PT tersebut akan memberi imbalan sebesar 2,5% tiap bulan dengan jangka waktu 6 bulan. Tak hanya itu saja PT Primaz juga melayani gadai emas.

Dari penawaran diatas sebenarnya masih sebagian saja dari penawaran yang ada di Indonesia. Apabila diperhatikan memang sistem investasi tersebut pun nampak menguntungkan karena dapat memberikan profit setiap bulannya, namun tentu resikonya juga besar. Biasanya risiko tersebut disebabkan karena anjloknya harga emas dipasaran.