Untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial, Bebaskan Diri dari Perilaku Konsumtif!

By on November 14, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 160 kali

Perencanaan Keuangan – “Kita belanja terus sampai mati,” itulah bunyi penggalan lirik lagu band pop asal ibu kota, Efek Rumah Kaca. Liriknya menyindir tentang gaya konsumtif masyarakat urban di perkotaan. Kebanyakan dari kita memang memiliki kecenderungan untuk membeli tanpa pertimbangan, terutama barang yang akan dibeli kita anggap bagus dan baru. Bahkan, Anda mungkin termasuk orang yang sering mengganti ponsel saat ada model baru keluar. Model baru itu akan selalu ada sampai kapan pun. Dan Anda yang gemar membeli barang model terbaru boleh jadi adalah yang dimaksudkan Efek Rumah Kaca dalam liriknya.

Setiap pembelian barang baru bisa berdampak baik jika fitur atau keunggulan yang terdapat pada barang tersebut memang yang Anda perlukan. Namun, di pihak lain, apabila terus memiliki keinginan untuk memiliki barang terbaru, bisa jadi Anda adalah satu dari sekian banyak orang yang berperilaku konsumtif. Padahal, barang lama dan baru memiliki perbedaan yang sedikit. Hal demikian bisa dianggap tidak masuk akal, terutama alasan-alasan Anda membeli barang baru bukan karena kebutuhan, melainkan hanya hasrat semata. Untuk itu, rencana yang matang perlu disusun agar apa yang Anda inginkan memang sudah sepatutnya menjadi yang benar-benar Anda perlukan.

Yang jadi pertanyaan, apakah ada cara untuk menahan keinginan mengganti barang lama dengan barang baru? Terlebih jika barang tersebut adalah barang mewah (tersier) yang harganya cukup fantastis saat masih baru. Jawabannya adalah ada. Sebagaimana dikutip dari Gulf News, berikut ini adalah tiga langkah yang dapat membantu untuk membatasi perilaku konsumtif Anda.
1. Tetapkan Prioritas

Saat Anda mendapat tawaran dan informasi tentang barang baru, cobalah untuk tidak terburu-buru memutuskan untuk membelinya. Jika ponsel Anda masih cukup mumpuni dalam menunjang kegiatan komunikasi, ada baiknya menunggu dulu. Ditambah Anda tidak memiliki rencana untuk mengganti ponsel dalam waktu dekat. Fokuskan anggaran untuk hal-hal yang menjadi prioritas.

Jika masih ada tagihan cicilan rumah, jadikan hal tersebut sebagai prioritas. Jangan menghabiskan uang dalam sekejap untuk membeli ponsel yang baru dan sedang menjadi tren. Perlu Anda ketahui ponsel yang sudah cukup lama keberadaannya akan turun dari segi penjualan atau jika dijual kembali. Lain halnya dengan rumah yang terus naik harganya seiring berjalannya waktu. Lakukanlah pembelian jika sudah waktunya dan sudah direncanakan dengan matang.

2. Berpikir Realistis

Umumnya, memiliki barang baru hanya didasarkan pada hasrat dan keinginan. Bukan mengacu pada keperluan untuk memiliki barang tersebut. Berpikirlah realistis ketika akan membeli barang baru. Jika ponsel Anda masih 3G padahal yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas adalah 4G, lakukanlah pembelian ponsel baru.

Kebanyakan yang terjadi adalah pembelian dilakukan karena menuruti hasrat tanpa memahami betul apa kebutuhannya. Dengan demikian, tidak perlu rasanya membeli ponsel yang hasil potretnya bagus, tetapi Anda sendiri jarang memotret. Selalu berpikir realistis dengan apa yang Anda rencanakan agar tidak jatuh dalam perilaku konsumtif. Terlebih tujuan membeli ponsel baru karena Anda tak mau kalah dengan orang lain.

3. Ubah Pola pikir

Ada saja alasan orang untuk membeli barang baru. Semisal membeli mobil baru, yang mereka yakini dan percayai bahwa dengan membeli barang tersebut mereka akan mendapat kepuasan. Namun, karena tidak ada yang abadi di dunia ini, kepuasan yang sempat dirasakan hanyalah sementara. Kemudian Anda akan mencarinya lagi dan mendapatkannya, mencari lagi dan mendapatkannya, dan semua itu Anda lakukan terus-menerus.

Ubahlah pola pikir Anda terhadap barang dengan menjadikannya sebagai sesuatu yang memang digunakan dan bukan untuk dipamerkan atau menambah gengsi. Sebab pada akhirnya, status sosial yang Anda dapatkan bukan berasal dari ponsel, melainkan dari tingkah laku dan pemikiran Anda. Bicara soal kepuasan, hendaklah memikirkan yang sebenarnya menjadi prioritas, seperti pelunasan utang-utang serta menabung untuk jaminan kesehatan dan hari tua Anda kelak.
Berpikirlah dengan Jernih Sebelum Memutuskan

Barang-barang semisal ponsel dan mobil baru adalah barang yang hanya bisa Anda gunakan demi mendapatkan kepuasan yang tidak akan bertahan lama. Menyangkut hal ini, Anda seharusnya bisa berpikir dengan lebih jernih dan jangan mudah terpancing atau ikut-ikutan orang lain. Pikirkanlah hal-hal lain yang lebih bermanfaat sebelum menggunakan uang Anda untuk membeli barang-barang baru. Sebab seperti kata-kata klise yang ada benarnya, penyesalan datang belakangan. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

 

 

 

 

 

Sumber: www.cermati.com

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty