Twitter Belum Menentukan Harga Saham

By on September 19, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,306 kali
Twitter

Twitter Belum Menentukan Harga Saham

Investasi Saham Rencana Twitter untuk melepas sebagian kepemilikan sahamnya melalui mekanisme initial public offering (IPO) di bursa Wall Street masih dalam proses pendaftaran ke Securities and Exchange Commission (SEC). Salah satu prosesnya, perusahaan jejaring sosial telah mengajukan dokumen rahasia klasifikasi S1.

Twitter mengajukan dokumen S1 agar pengajuan IPO ini tidak ramai oleh publik. Namun kerahasiaan ini justru mengundang tanda tanya, sebenarnya berapa pendapatan Twitter dan berapa harga sahamnya yang layak.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (18/9/2013) Goldman Sachs akan bertindak sebagai penjamin emisi utama (lead underwriter). Perusahaan yang memiliki kantor di  New York, Boston, dan San Antonio ini mengajukan rencana IPO secara rahasia, diperkirakan memiliki pendapatan tahunan kurang dari USD1 miliar.

Dengan IPO, Twitter bisa menjaga rahasia situasi keuangan perusahaan selama tiga pekan sebelum “roadshow” dimulai, yakni ketika bankir memasarkan penawaran kepada investor potensial.

Adapun saat ini Security and Exchange Commision masih meninjau dokumen IPO Twitter. Jika jadi melantai, Twitter akan menyusul Facebook di lantai bursa. Jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg tersebut telah lebih dulu melantai di bursa tahun lalu dan meraup dana USD105 miliar.

(Iwan Supriyatna, Okezone.com)