Trik Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga

By on August 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 336 kali

Perencanaan Keuangan – Masalah keuangan dalam hubungan rumah tangga seringkali terdengar, terutama pada mereka yang baru saja menjalin ubungan pernikahan dalam waktu yang dekat, dan kemudian munculnya tentang kebutuhan lain yang bermula dari si kecil sebagai buah hati di dalam keluarga tersebut yang juga membutuhkan dana dalam menjalani kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan cara mengelola keuangan keluarga yang baik, sehingga hubungan dalam keluarga pun dapat terjalin dengan lebih harmonis, tanpa adanya masalah yang bermula dari keuangan. Lalu bagaiaman cara untuk mengatur tingkat keuangan tersebut? Simaklah beberapa bentuk tips yang dapat Anda lakukan secara sederhana dalam perencanaan keuangan dari keluarga Anda tersebut di bagian bawah ini: (Baca juga: Ini Cara Mengendalikan Pasangan Anda yang Boros)

Memahami Portofolio Keuangan Keluarga

Hal pertma yang harus Anda perhatikan dalam mengatur keuangan keluarga adalah  dengan memahami tingkat kebutuhan atau portofolio dari pengeluaran yang Anda habiskan setiap bulannya. Portofolio pengeluaran tersebut, bisa berkaitan dengan bentuk kebutuhan dari tagihan listrik, servis, dana kesehatan, kebutuhan konsumsi makanan, dan juga berbagai jenis kebuituhan lainnya. Selain itu cantumkan pula kebutuhan dari tabungan yang biasa Anda sisihkan dan simpan pula catatan jumlah dari tabungan yang Anda miliki dalam portofolio tersebut. sehingga lebih memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan terhadapnya. (Baca juga: Tips Agar Gaji Tak Hanya Numpang Lewat)

Susun Rencana Anggaran Keuangan

Dengan melakukan penyusunan dari rencana anggaran keuangan yang biasanya Anda habiskan, dapat membuat Anda lebih objektif dalam melakukan pengeluaran yang berlebih. Susunan dari rencana keuangan ini pun tidak usah dibuat dengan terlalu ideal, tetapi cukup untuk membuatnya menjadi lebih realistis, sehingga uang yang hendak Anda keluarkan pun tidak akan terlalu berlebih dan bahkan biasanya terpatok pada jenis pengeluaran prioritas saja. namun apabila Anda ingin memasukkan jenis kebutuhan samping lainnya, seperti untuk ke salon dsb. Hal tersebut bisa Anda lakukan dalam susunan rencana anggaran ini, hanya saja, gunakan nilai yang dapat membatasi Anda, dan ingat Anda selaku penggunanya harus patuh terhadap nominal yang sudah dianggarkan dalam cara mengelola keuangan keluarga tersebut. (Baca juga: Sisihkan Dana Lebih Saat Muda Agar Dapat Berfoya-Foya Saat Tua)

Hindari Hutang

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, terkadang muncul godaan untuk menjalani bentuk kehidupan yang lebih konsumtif. Hingga pada akhirnya membuat Anda menggunakan kartu kredit dengan kepentingan berlebih dan bahkan digunakan untuk keperluan yang tidak semestinya. Dengan menggunakan jenis kartu yang satu ini, tentu saja membuat hutang Anda menjadi semakin besar, karena itu biasakanlah untuk menumbuhkan sistem pengeluaran uang yang jauh lebih sehat. Hal ini dimulai dari cara yang paling sederhana, seperti halnya tidak meningkatkan jumlah konsumsi Anda, sehingga terhindar dari tagihan kredit yang membesar dan juga menghindari jenis hutang lainnya.

Menetapkan Tujuan Finansial

Hal selanjutnya yang juga harus Anda perhatikan adalah dengan menetapkan tujuan dari kebutuhan finansial Anda. Dengan menetapkan tujuan dari kebutuhan finansial, maka Anda dengan pasangan  dapat lebih mengatur tingkat keuangan dengan lebih baik lagi. Tetapkanlah bentuk tujuan dengan lebih speifik dan juga realistis, sehingga apa yang Anda cita-citakan dan juga menjadi fokus dalam perencanaan keuangan Anda tersebut bisa terwujud dengan baik. (Baca juga: Perencanaan Keuangan untuk Keluarga Baru)

Menabung Dan Berinvestasi

Biasakanlah mulai saat ini untuk menyisihkan sebagian uang gaji yang Anda miliki sebagai bentuk tabungan. Cara yang paling mudah untuk membuat tabungan tersebut berada di tempat yang aman, adalah dengan menyimpannya dalam bentuk rekening yang berbeda dengan bentuk rekening yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi setiap harinya. Selain itu, cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan uang yang Anda miliki adalah dengan melakukan investasi, bagi Anda yang belum pernah mencoba berinvestasi, mulai saat ini cobalah untuk melakukan hal tersebut disertai dengan berkonsultasi dengan ahlinya, sehingga lebih memudahkan Anda untuk menjaga keuangan yang Anda miliki agar tetap berada dalam lingkup yang stabil.