Trik Mudah Memilih Properti untuk Investasi

By on July 1, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 311 kali

Investasi Properti – Apakah Anda tertarik untuk memiliki properti sebagai investasi? Banyak orang yang memilih properti sebagai investasi karena memiliki nilai jual yang sangat menguntungkan. Namun tidak semua jenis properti bisa menghasilkan keuntungan. Banyak orang juga merasa rugi dengan inevstasi properti karena tidak dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa tehnik atau cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih investasi properti.

Pilih Properti di Waktu yang Tepat

Waktu yang paling tepat untuk membeli sebuah investasi properti adalah ketika Anda bisa membeli properti dalam nilai yang murah dan bisa menjual kembali dalam harga yang tinggi. Tentu ada berbagai detail yang harus diperhatikan dengan berbagai cara yaitu, bagaimana produk properti tersebut, bagaimana perawatan produk properti tersebut dan bagaimana jarak rentang waktu properti bisa dijual kembali. Jadi Anda perlu memperhatikan beberapa kondisi seperti ini. (Baca: Seluk Beluk Berinvestasi Properti)

Dana Pembelian Properti

Dana untuk membeli properti juga harus diperhitungkan dengan baik. Perhatikan jika Anda harus mendapatkan biaya dari bank atau sumber dana lain. Anda bisa memilih berbagai sumber biaya termasuk jika memang Anda harus mendapatkan kredit dari pendanaan lain. Jadi perhitungan mengenai nilai yang harus Anda keluarkan dan diterima termasuk perhitungan bunga jika ada.

Dimana Lokasi Properti?

Lokasi menjadi salah satu poin yang sangat penting dalam membeli sebuah properti. Kawasan perkotaan menjadi salah satu tempat investasi yang paling disukai. Namun semua properti di kota juga biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi. Namun Anda bisa tetap memilih produk tersebut karena Anda bisa mendapatkan keuntungan ganda dari biaya sewa atau kontrak. Lebih baik jika memilih properti yang memang dekat dengan pusat aktifitas seperti pusat perkantoran, perbelajaan dan juga tempat yang benar-benar berpengaruh terhadap nilai bisnis sebuah negara.

Tentukan Jenis Investasi

Jenis investasi bisa menjadi salah satu poin yang sangat penting dalam pemilihan produk properti untuk investasi. Ada banyak jenis properti misalnya perumahan, apartemen, tanah, ruko, gedung, dan berbagai jenis bentuk bangunan lain. Anda harus memilih jenis investasi yang perlu Anda pilih. Jangan memilih produk yang sama sekali tidak bisa memberikan nilai tambah misalnya ruko di tempat kawasan yang kurang ramai atau kawasan yang sulit untuk berkembang. (Baca: Lebih Untung Mana Investasi Tanah, Rumah Ataukah Apartemen?)

Tentukan Pengembang Properti

Memiliki properti tidak hanya harus membeli, mengembangkan kemudian menjual agar memiliki nilai yang lebih tinggi. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mengembangkan sebuah dasar yakni mengembangkan properti dengan kualitas unggulan. Anda bisa memilih pihak pengembang yang benar-benar bisa menjamin peningkatkan nilai properti Anda. Hal ini berlaku untuk semua jenis bangunan baik untuk rumah , rumah sewa maupun perkantoran. Langkah ini diperlukan untuk menjamin bahwa properti Anda memiliki kualitas yang baik dan nilainya meningkat sesuai perkembangan waktu. (Baca: Berhati-Hati Terhadap Rumah yang Ditawarkan Murah)

Langkah-langkah untuk mengamankan nilai properti memang tidak mudah. Banyak orang yang membeli sebuah properti namun sama sekali tidak mendapatkan keuntungan. Untuk menghindari semua hal tersebut maka Anda harus menyusun dengan baik rencana investasi yang perlu Anda lakukan. Hindari memilih jenis investasi di bidang properti dengan informasi yang tidak jelas. Nilai properti memang sangat tinggi dan biasanya membutuhkan analisa yang tajam untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan target. Jadi buat rencana yang paling tepat dan lakukan sesuai dengan rencana yang sudah Anda buat.