Trik Mengatur Keuangan Masa Depan Anak

By on October 20, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 423 kali

Asuransi – Memiliki anak tentu menjadi salah satu keinginan semua pasangan. Terkadang anak memberikan kehidupan yang lebih baik dan membuat keluarga menjadi lebih bahagia. Namun orang tua memiliki tanggungjawab yang sangat besar terkait dengan masa depan anak itu sendiri. Orang tua terkadang juga tidak merasa cukup hanya dengan memiliki anak dua saja, maka mereka ingin memiliki banyak anak. Hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah bahwa semua pasangan boleh banyak anak namun pikirkan masa depannya. Orang tua memiliki kewajiban yang sangat besar untuk menanggung semua masa depan anak. Berikut ini adalah berbagai jenis strategi yang bisa dilakukan orang tua dengan membuat beberapa tabungan atau investasi yang berbeda untuk anak-anak.

Tabungan Anak Sejak Kecil

Orang tua bisa menyisihkan sebagian uang dari perhasilan perbulan sebagai tabungan anak. Jika Anda memiliki tiga anak maka pertimbangkan untuk memiliki tiga jenis tabungan anak yang berbeda. Anda bisa memilih jenis fasilitas yang diberikan oleh bank sehingga tabungan itu atas nama anak Anda sendiri. Dengan cara ini maka orang tua bisa mengambil tabungan untuk anak ketika benar-benar sangat diperlukan seperti saat akan masuk sekolah, saat sakit maupun saat kepentingan lain. Namun tabungan ini seharusnya hanya dikeluarkan saat benar-benar dibutuhkan.

Tabungan Khusus untuk Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu prioritas yang sama sekali tidak boleh dilewatkan. Dengan cara ini maka orang tua harus menyisihkan sebagian uang untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Untuk memulai tabungan ini maka bisa dilakukan sejak anak masih bayi. Semakin besar usia anak maka jumlah tabungan juga harus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan anak. Anda bisa bekerjasama dengan asuransi atau bank yang memang menyediakan tabungan semacam ini. Namun tabungan ini biasanya tidak bisa dikeluarkan kecuali hanya untuk pendikan karena biasanya menerapkan skala waktu misal untuk anak usia SD, SMP, SMU hingga perguruan tinggi.

Simpanan Berupa Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan salah satu model asuransi yang benar-benar dibuat oleh pihak asuransi. Model asuransi ini hampir sama dengan jenis asuransi kesehatan hanya saja memiliki skala waktu untuk bisa dicairkan. Misalnya jika Anda mulai menerapkan asuransi untuk anak hingga lulus SD, SMP atau perguruan tinggi. Asuransi ini menyediakan berbagai fasilitas yang berbeda, misalnya jika Anda terpaksa harus mencairkan dana asuransi karena kondisi tertentu. Tapi biasanya asuransi akan tetap menjaga dana Anda hingga sesuai dengan waktu jatuh tempo yang sudah disetujui.

Simpanan berupa Deposito

Deposito merupakan salah satu jenis pilihan tabungan klasik yang masih banyak dipilih oleh orang tua hingga saat ini. Deposito memiliki sistem seperti jenis tabungan biasa namun memiliki skala waktu sesuai dengan perjanjian dengan pihak bank. Proses pencairan memang lebih mudah namun hanya harus sesuai dengan waktu yang diperlukan. Kelemahan dari model simpanan ini adalah tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu karena sudah disepakati sesuai dengan perjanjian yang dilakukan. Jadi Anda tidak bisa mengambil dana jika diperlukan dalam waktu yang mendadak dan tidak sesuai waktu.

Berbagai jenis pilihan simpanan dan asuransi untuk pendidikan anak memang penting untuk dilakukan. Semua orang tua harus memikirkan masa depan anak sejak masih kecil. Jangan sampai anak sudah masuk usia sekolah namun orang tua tidak memiliki persiapan. Langkah persiapan asuransi untuk pendidikan anak harus sesuai dengan tingkat kemampuan orang tua.