Trik Mengadakan Pesta Pernikahan dengan Biaya Terjangkau

By on November 12, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 270 kali

Perencanaan Keuangan – Cara mengejar tabungan pernikahan selama satu tahun mungkin dilakukan oleh sebagian orang, bahkan lebih banyak orang yang menabung bertahun-tahun sebelum pernikahan dilangsungkan. Namun sebagai orang yang tinggal di Indonesia sebenarnya ada banyak pro dan kontra pada penyelenggaraan pesta pernikahan ala Timur ini, mulai dari harus menyelenggarakan pesta pernikahan dengan adat tertentu selama beberapa hari, mengundang banyak orang, dan lain sebagainya. Di luar semua itu jika Anda ingin melangsungkan pesta pernikahan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Sumber dana

Jika anda ingin mengadakan pesta pernikahan, maka dana untuk menyelenggarakan pesta pun harus dihitung dan disesuaikan. Kebanyakan orang memilih cara mengejar tabungan pernikahan selama satu tahun agar bisa menyelenggarakan pesta pernikahan impiannya. Namun, sebenarnya untuk mengalokasikan dana menikah sebaiknya berinvestasi daripada menabung karena seiring waktu akan terjadi inflasi pada uang yang Anda tabung. Pilihan produk investasi pun disesuaikan dengan jangka waktu untuk penggunaan dana tersebut. Semakin pendek jangka waktu investasi, maka semakin tinggi risiko terjadinya fluktuasi atau ketidaktetapan pada harga barang.
Misalnya, jika Anda sudah memiliki rencana untuk menikah kurang dari tiga tahun lagi, maka sebaiknya memilih emas sebagai investasi sebab risiko investasi pada emas lebih rendah daripada produk investasi lainnya. Sementara jika Anda berencana menikah lima tahun lagi atau lebih, sebaiknya memilih reksa dana sebagai investasi jangka panjang sebab dengan menginvestasikan modal di reksa dana hasil yang didapat juga lebih besar.

Selain itu investasi sebaiknya disiapkan oleh diri sendiri, dan tidak bergantung pasangan Anda. Sebab investasi tidak mengenal jenis kelamin, tetapi yang paling penting adalah tujuan investasi dan jangka waktunya. Jadi ketika Anda akan berinvestasi untuk pesta pernikahan, coba pikirkan kapan waktu pernikahan akan dilangsungkan sebab memengaruhi produk investasi yang akan dipilih.

Tempat

Menyewa sebuah ballroom hotel atau gedung tentu memakan biaya yang sangat besar, namun dengan menggunakan rumah sendiri sebagai lokasi pernihakah bukan berarti Anda juga terhindar dari biaya sebab Anda harus menyewa tenda, kursi, meja dan lain sebagainya. Menyewa sebuah restoran kadang-kadang dapat menghemat biaya luar biasa, dan kemungkinan besar Anda bisa menemukan satu restoran yang sesuai dengan gaya dan selera Anda. Dipilihnya restoran, karena Anda tidak harus membayar ekstra untuk meja, kursi, taplak meja, alat makan, dan staf-stafnya. Bahkan jika Anda hanya mengundang sedikit orang cukup pesan beberapa meja atau ruangan khusus untuk perayaan pernikahan Anda, biayanya lebih murah sebab biaya akan berbeda ketika menyewa seluruh restoran.

Hidangan pesta

Jika keluarga Anda sempat mempersiapkan hidangan pesta tentu akan jauh lebih baik, namun kondisi ini sangat cocok untuk puluhan orang tamu saja. Jika Anda ingin menggunakan jasa katering, maka bersikaplah jujur pada penyedia jasa katering tentang kebutuhan Anda untuk menyimpan uang. Tanyakan kepada pihak katering tentang hidangan pembuka yang paling mahal dan apakah prasmanan lebih murah daripada makanan yang dihidangkan ke meja masing-masing. Kemudian juga tentang menu-menu yang disediakan untuk acara pernikahan.

Tamu undangan

Semakin banyak tamu undangan yang masuk dalam daftar undangan Anda, maka akan meningkatkan anggaran Anda secara signifikan. Tidak hanya biaya katering, tetapi juga penyewaan alat makan, kursi, ruangan, bahkan kenyamanan. Anda harus berhati-hati ketika mengundang tamu sebab Anda harus terhindar dari perasaan tidak enak atau merasa wajib mengundang banyak orang. Selain itu mengirim undangan pada banyak orang juga meningkatkan biaya. Oleh karena itu, sebaiknya mulai untuk mengundang tamu via e-mail, telepon atau teknologi lainnya yang bisa menghemat tagihan percetakan, dan biaya ongkos kirim.

Selain hal-hal tersebut Anda juga tidak boleh malu untuk meminjam pakaian pernikahan atau memakai pakaian pernikahan milik orang tua Anda, serta membeli cincin dengan harga terjangkau. Sebenarnya masih banyak hal bisa Anda atur untuk pesta pernikahan Anda agar cara mengejar tabungan pernikahan selama satu tahun.