Trading Option

By on July 18, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,053 kali

Trading Option

Investasi Saham – Mungkin ada banyak orang yang masih belum tahu mengenai apa itu trading option. Sebenarnya trading yang satu ini begitu digemari oleh pada trader saham. Lantas apa perbedaannya dengan valas atau saham? Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut anda perhatikan informasi berikut ini.

Trading option, trading ini di Indonesia lebih akrab dikenal dengan sebutan kontrak opsi saham, yaitu suatu hak seseorang dalam menjual ataupun membeli kembali saham dengan harga tertentu. Jadi apabila kita membeli option, tidak berarti kita juga turut membeli sahamnya. Akan tetapi disini kita cuma membeli hak saja untuk menjual ataupun membeli suatu saham dengan harga tertentu.

Option sendiri wajib untuk menyebutkan harga exercisenya secara spesifik ( yaitu harga kesepakatan dalam menjual atau membeli saham ), lalu juga jangka waktu untuk masa berlakunya option tersebut ( Tanggal expired-nya harus jelas disebutkan didalamnya), sifat dari option tersebut seperti apa ( jadi apakah itu option sell atau option buy), serta stock yang telah diperjanjikan.

Dengan sifatnya yang bisa kadaluarsa atau expired, disini maksudnya apabila sudah mendekati waktu expired-nya maka harganya pun juga akan semakin murah. Jadi pada dasarnya option itu adalah sebuah kontrak resmi yang bisa memberikan kita hak (namun bukanlah suatu kewajiban) dalam menjual ataupun membeli asat dengan harga tertentu serta dengan jangka waktu tertentu pula.

Jadi ada apa saja untuk tipe open posisi di dalam option tersebut ?

Sebenarnya option memiliki 2 tipe, diantaranya adalah call option dan juga put option. Untuk call option merupakan suatu kontrak resmi yang bisa memberikan hak dalam membeli aset dengan harga serta jangka waktu tertentu. Sementara untuk put option merupakan kontrak resmi yang bisa memberikan hak dalam menjual suatu aset dengan harga serta jangaka waktu tertentu.

Apa perbedaannya dengan saham?

Option adalah turunan daripada saham serta mempunyai waktu expired, sementara saham adalah aset serta tidak memiliki waktu expired nya. Seorang investor dimungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan saham melalui Option tersebut. Selain itu Option memiliki dua peranan yang paling utama, yaitu untuk asuransi dan juga untuk leverage.

Apakah perlu berinvestasi options?

Sebenarnya option bisa kita gunakan sebagai pilihan investasi yang memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga seorang investor dapat mengkontrol saham dengan jumlah yang besar akan tetapi dengan biaya yang minimum atau lebih kecil apabila kita bandingkan dengan harga saham itu sendiri.

Option dapat kita gunakan untuk melindungi nilai maupun untuk hedging. Bayangkan betapa mudahnya apabila kita memiliki option yang bisa berlaku untuk asuransi atas suatu harga dari saham milik kita sendiri, dengan mempunyai put option maka apapun yang terjadi termasuk apabila harga saham sedang jatuh masih akan ada yang bersedia untuk membeli saham milik kita. Sayangnya ini sering digunakan sebagai sarana spekulasi.