Trading Emas Dengan Cara Price Action

By on September 29, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 327 kali

Investasi Emas – Apa sih yang dimaksud trading emas dengan price action? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda coba perhatikan terlebih dahulu mengenai beberapa hal mendasar yang berkaitan dengan emas itu sendiri, dan kemudian baru memasuki bentuk jawaban tersebut. Emas seringkali dikatakan sebagai bentuk mata uang yang universal, dalam perkembangan perekonomian yang terjadi di tahun 2009, banyak para investor yang mulai memburu emas dengan alasan bahwa mereka telah kehilangan kepercayaan pada pihak pemerintah dari beberapa bentuk negara maju yang dimilikinya. Hal ini berkaitan dengan kemampuan negara maju tersebut yang saat itu tidak mampu untuk membayar hutang-hutang yang dimiliki olehnya.

Bahkan pada saat itu nilai mata uang dari US dollar yang seringkali dikatakan sebagai safe haven pun juga sudah dianggap tidak safe kembali. Sedangakn untuk mata uang jenis euro justru diramalkan menjadi mata uang dengan kondisi yang safe haven, padahal ia pun sedang mengalami beberapa bentuk masalah dengan hutang-hutang yang dimiliki oleh beberapa bentuk negara yang menjadi anggotanya yang tidak pernah kunjung usai.

Seorang analis yang bernama Nic Brown juga menyatakan bahwa korelasi yang terjdi diantara US dollar dan juga harga emas memang selalu berada dalam kondisi yang negatif, artinya ketika nilai US dollar mengalami bentuk penurunan maka harga untuk nilai emas akan mengalami kenaikan. Tetapi, ada juga keadaan ekstrem yang memungkinkan terjadinya korelasi yang terbalik dari keadaan tersebut yang menuju bentuk korelasi positif.

Risk aversion atau gejala yang timbul untuk menghindari berbagai macam bentuk resiko yang jauh lebih besar pun akan terlihat dengan lebih jelas terutama pada masa kenaikan dari harga nilai emas, yang mana membuat beberapa bentuk harga saham unggulan lainnya menjadi jatuh dengan tiba-tiba di setiap bursa yang terdapat di berbagai belahan saham dunia. Dengan terjadinya hal tersebut, baik itu secara faktor fundamental atau bahkan teknikal, tentunya akan membuat trading emas menjadi lebih menguntungkan

Pada dasarnya metode yang disebut dengan trading price action itu sendiri adalah jenis dari metode trading yang jauh lebih sering digunakan dalam bentuk forex, namun hal ini juga bisa diterapkan dalam instrument lainnya, seperti halnya pada bentuk perdagangan dari komoditi emas. Untuk mengetahui mengenai metode yang satu ini. Kali ini penulis akan memberikan bentuk contoh yang sederhana melalui gerak harga emas yang terjadi ditahun 2010, yang mana pada masa tersebut harga emas memang tengah mengalami bentuk trending up dengan kekuatan yang tinggi, sehingga sangat cocok jika investasi atau trading emas tersebut dilakukan dengan metode price action terutama pada pasar treding.

Apa itu Price action?

Price action merupakan bentuk metode trading yang dalam menjalankannya ia lebih mengandalkan bentuk pengamatan pada formasi bar yang dimilikinya, yang mana bar tersebut terbentuk dari satu kondisi pada market tertentu. Beberapa istilah yang digunakan untuk formasi bar tersebut diantaranya adalah fakey bar, pin bar, dan juga inside bar, yang mana beberapa bentuk formasi tersebut seringkali dianggap sebagai bentuk patokan yang wajib untuk digunakan dalam metode price action trading itu tadi.

Untuk jenis price action yang valid baiasanya ia akan ditunjukkan dalam bentuk berturut-turut dari waktu yang satu ke waktu lainnya, terutama selama beberapa hari dalam jarak waktu beberapa minggu. Selain itu ia juga menunjukan sinyal untuk entry dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi sehingga lebih jelas dilihat dari daily chartnya. Jika bentuk treding emas ini digabungkan dengan menegement keuangan yang solid tentunya akan menghasilkan bentuk keuntungan yang meningkat pula.

Selain itu trading dengan cara yang satu ini juga tidak membutuhkan adanya indikator, karena hal tersebut biasanya hanya akan membuatnya menjadi lagging dan juga error dalam membedakan kondisi dari pasar trading tersebut.