Trading Breakout di Pasar Emas

By on July 23, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,070 kali
Pasar Emas

Trading Breakout di Pasar Emas

Investasi EmasStrategi breakout di dalam trading merupakan salah satu strategi terbaik dalam mengikuti tren yang terjadi di dalam market. Dan dalam artikel kali ini kita akan belajar tentang trading breakout di pasar emas tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa emas XAU/USD merupakan instrumen spekulatif yang sangat diminati dan menarik bagi para trader yang mengikuti tren sekarang ini.

Selama tahun ini saja misalnya harga dari emas memang tengah mengalami penurunan yang bisa dibilang cukup signifikan yang terjadi di pasar global, bahkan mencapai $ 375/ons. Kecenderungan seperti ini yang terus membuat para trader menjadi kesulitan dalam mengetahui waktu serta dimana mereka dapat melakukan open posisi yang paling tepat. Oleh sebab itu, fokus kita kali ini yaitu trading emas dengan memanfaatkan strategi breakout untuk solusinya.

Nah, langkah pertama untuk memulai trading breakout emas yaitu kita harus menemukan resistance dan level support. Biasanya hal seperti ini bisa kita lakukan dengan cara menghubungkan titik terendah atau tertingginya dengan mengguakan garis trend-line. Kemudian setelah diberi garis, lalu saat inilah para trader harus mempersiapkan diri dalam memulai breakout trading sebagai strateginya.

Pada dasarnya breakout itu terjadi pada saat harga emas mengalami pergerakan melewati resistance dan level support. Sebab saat itu emas berada dalam keadaan yang downtrend terpanjang sekarang ini, jadi sangat dimungkinkan bagi kita untuk lebih terfokus dalam melakukan aksi penjualan ke arah trend.

Dalam melakukan hal tersebut, posisi order bisa kita tetapkan yaitu berada di bawah support. Pada saat harga emas kembali melewati level support yang telah diberikan posisi order, maka saat itulah transaksi akan terjadi. Namun jangan sampai lupa untuk tetap menerapkan manajemen risiko, karena ini menjadi faktor yang paling utama dalam melakukan trading.

Satu hal yang tak kalah penting untuk anda perhatikan, yaitu anda harus fokus dalam menjual emas ketika kondisi dari harga emas sendiri menerobos support ke arah posisi terendah untuk arah trend yang sama. Karena, aksi dari penjualan tersebut bisa dianggap sudah tepat apabila kondisi harga tengah berada di bawah support tren-line sekarang ini. Paling tidak ketika harganya mencapai $ 1,338.06 .

Sementara untuk stop loss bisa kita tempatkan pada harga $1.395 atau bisa juga lebih tinggi. Sedangkan untuk profit minimal harus kita tempatkan pada kisaran harga $ 1.225,00 atau bisa juga lebih rendah. Hal ini bertujuan untuk menjadikan rasio dari keuntungan maupun kerugiannya paling sedikit 2:1. Apabila misalnya terlihat terjadi kekeliruan pada ketidaksesuaian dari pergerakan harga dengan menggunakan strategi breakout, maka cara untuk alternatif yang lain yaitu dengan melihat terlebih dahulu apakah harga emas tersebut sudah melewati daerah resistensi. Apabila harganya telah terlihat melewati daerah resistensi maka itu berarti terdapat kecenderungan untuk kembali terjadinya pembalikan trend.