Tips Tambah Penghasilan Disaat Harga Barang-Barang Meroket

By on April 27, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,390 kali

Perencanaan Keuangan – Saat ini perekonomian negara kita sedang tidak menentu, semua harga barang semakin merambat naik. Untuk mengimbangi harga barang yang terus merambat naik ini, Anda harus berpikir dengan cepat dan memutar otak dengan lebih canggih, agar gaji bulanan yang pas di kantong dapat dipergunakan untuk membeli kebutuhan bulanan.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Cara yang kami sarankan adalah menambah gaji bulanan Anda dengan memiliki pekerjaan sampingan, dan lebih efektif dalam mengatur keuangan bulanan .

Anggaran bulanan yang efektif, setidaknya dapat mengurangi beban pengeluaran Anda hingga 20 persen.

Hanya itu saja? Tidak, berikut beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi bulanan Anda.

1. Milikilah pekerjaan sampingan

Memiliki pekerjaan sampingan, selain membuat penghasilan Anda bertambah, juga membuat jaringan Anda semakin luas, sehingga potensi kenaikan karir Anda di kemudian hari juga bertambah tinggi. Siapa tahu, dengan koneksi yang luas, Anda malah ditawari pekerjaan di tempat lain dengan gaji yang jauh lebih memuaskan.

Jenis pekerjaaan sampingan yang bisa dilakukan di mana saja, antara lain membuka online shop. Anda hanya memerlukan waktu beberapa jam untuk online setiap harinya untuk menambah katalog, membalas orderan yang masuk, promosi di media sosial, dan menyisihkan beberapa waktu di akhir pekan untuk melakukan pengiriman barang. Online shop juga cukup fleksibel, karena bisa menyesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

Pekerjaan sampingan lain yang bisa Anda lakukan adalah membuka warung kecil di depan rumah. Anda bisa menjual makanan ringan, es, bahkan kopi panas di halaman Anda. Tidak perlu menyewa tempat yang mahal.

2. Sewa rumah bersama

Harga properti semakin naik, tetapi Anda menginginkan ruangan yang lebih lega bagi aktivitas harian Anda. Kalau Anda belum mempunyai rumah sendiri, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menyewa rumah, atau apartemen dengan rekan Anda. Membagi harga sewa rumah, kamar, atau apartemen dengan beberapa orang tentunya dapat meringankan beban anggaran bulanan Anda.

Agar anda semakin nyaman, sebelum menempati rumah tersebut, Anda harus membuat kesepakatan bersama mengenai apa yang boleh maupun tidak boleh dilakukan dengan orang-orang yang nantinya akan menjadi partner Anda dalam membayar harga tempat tinggal.

3. Uang dari hobi

Hobi adalah hal yang rela kita lakukan dalam waktu lama, dengan hati yang senang. Bahkan, kadang-kadang hobi yang kita lakukan menghabiskan banyak uang. Sudah saatnya Anda memiliki hobi yang menambah penghasilan Anda, bukan hanya menguras penghasilan.

Kalau Anda hobi menulis, atau jalan-jalan misalnya, cobalah mengirim tulisan Anda ke sejumlah media, atau majalah wisata, dan dapatkan honor karena menuliskan pengalaman pribadi selama liburan. Bisa jadi ke depannya, Anda malah dapat jalan-jalan gratis, karena hobi menulis tersebut dan tentu saja kocek Anda tidak berkurang sedikit pun.

Anda yang hobi memotret dan desain juga bisa meraup keuntungan, dengan menjual foto, atau desain yang Anda buat kepada situs-situs penyedia foto dan desain untuk kebutuhan komersil.

4. Ruang iklan

Meskipun Anda tidak mempunyai tempat di dunia nyata yang memungkinkan Anda untuk memasang papan iklan maupun banner dengan ukuran besar, bukan berarti Anda tidak bisa menyewakan tempat secara virtual. Kalau Anda memiliki website, blog, atau laman sosial media yang cukup banyak pengunjungnya, tidak ada salahnya untuk mengubah laman Anda di dunia virtual menjadi papan iklan.

Program iklan di dunia maya yang paling terkenal saat ini adalah Google Adsense. Jangan Khawatir, Indonesia pun telah memiliki penyedia layanan iklan virtual, namanya yaitu AdsenseCamp. Silakan Anda gunakan mesin penjelajah di browser Anda untuk mencari tahu lebih banyak mengenai layanan iklan dunia maya.

5. Jadi guru les

Anda yang memiliki waktu luang di sore hari, bisa juga dimanfaatkan untuk menjadi guru les bagi anak-anak di sekitar tempat tinggal Anda. Selain menambah penghasilan, menjadi guru les juga membuat daya analisis, serta ilmu yang telah Anda pelajari semakin tajam.

6. Cobalah investasi

Kamu yang uangnya cukup banyak, bisa juga mencoba cara berikut untuk menambah penghasilan bulanan. Cukup dengan investasi di sebuah usaha yang mempunyai prospek tinggi untuk berkembang, atau berinvestasi pada perusahaan yang sudah stabil dengan membeli saham.

7. Minta kenaikan gaji

Hal ini bisa dilakukan apabila kinerja Anda cukup bagus. Yang harus Anda lakukan, supaya kenaikan gaji ini cepat dilaksanakan dan jalannya cukup mudah, adalah dengan mendokumentasikan segala hal yang menunjukkan kinerja Anda.

Pendokumentasian ini secara tidak langsung adalah bukti bahwa Anda turut membantu perusahaan menambah penghasilan melalui kinerja yang baik. Untuk itu, kantor harus mempertimbangkan untuk menaikkan gaji Anda.

Demikian tips menambah penghasilan bulanan yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney