Tips Sukses Bisnis Rental Mobil

By on August 26, 2018 | Artikel ini Sudah di baca 6 kali

Bisnis rental mobil semarang merupakan salah satu bentuk usaha yang kini marak dijalankan banyak orang. Permintaan yang tinggi dari pasar menjadi latar belakang mengapa bisnis ini selalu diminati. Apalagi kini kondisi kendaraan umum yang masih jauh dari kata layak. Dari sini maka peluang bisnis rental mobil ini akan semakin cerah dan nyata. Namun untuk menjadikan bisnis ini sukses maka Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis ini perlu mengetahui beberapa tips atau strategi jitu untuk memulai bisnis ini. Lalu apa saja strategi untuk membuat usaha rental mobil ini menjadi sukses? Berikut ulasannya.

Pilih Mobil yang Banyak Diminati

Memulai bisnis rental mobil berarti Anda harus memiliki mobil yang akan disewakan. Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati pelanggan di daerah Anda. Biasanya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit. Mobil yang paling banyak diminati biasanya seperti Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lain sebagainya. Setelah memilih mobil yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil.

Hindari Mobil Bekas untuk Dibeli

Meski harganya jauh lebih murah, hindari membeli untuk memulai bisnis sewa mobil semarang. Dengan memilih mobil baru, bisnis Anda akan menjadi nilai lebih bagi pelanggan dan membuat pelanggan lebih aman dan nyaman. Bukan hanya itu, memilih mobil baru juga mengurangi biaya perawatan. Bisa dibayangkan, berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk merawat mesin mobil bekas? Pasti lebih mahal dibanding Anda membeli mobil baru.

Beli Mobil Secara Kredit

Jika membeli mobil baru dianggap mahal dan Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membeli mobil secara kredit. Untuk biaya cicilannya, Anda bisa mengambil sebagian dari pendapatan sewa mobil. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebankan dengan cicilan perbulannya. Namun, jika modal yang Anda miliki cukup untuk membeli mobil baru, tidak ada salahnya juga membeli mobil secara tunai.

Buat Syarat & Ketentuan Sewa Mobil

Bisnis rental mobil merupakan salah satu bisnis yang memiliki risiko cukup besar, seperti mobil tidak dikembalikan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus memuat sebuah peraturan bisnis yang ketat dalam masalah sewa-menyewa mobil. Anda bisa meminta pelanggan Anda untuk meninggalkan KTP, SIM, atau identitas lain, dan buatlah surat perjanjian sewa yang ditandatangani pelanggan. Anda juga bisa menghindari risiko tersebut dengan memberi beberapa pengamanan seperti memasang GPS dalam mobil untuk mendeteksi keberadaan mobil Anda.

Daftarkan Mobil ke Perusahaan Asuransi

Risiko lain yang bisa terjadi dalam memulai bisnis ini adalah kerusakan karena kecelakaan, hilang, bencana alam, dan lain sebagainya. Untuk menghindari risiko ini, cobalah gunakan asuransi untuk mobil yang Anda rentalkan. Dengan mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi, biaya kerusakaan mobil akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Promosikan Bisnis

Untuk memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas, Anda membutuhkan sebuah promosi bisnis. Anda bisa mulai dengan memasarkannya melalui orang terdekat, social media, membuat website, dan lain sebagainya. Untuk memperluas market, Anda juga bisa bekerja sama dengan hotel untuk membantu Anda menawarkan bisnis ke pelanggan atau pengunjung hotel.