Tips Perencanaan Keuangan Keluarga

By on October 26, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 309 kali

Perencanaan Keuangan – Tidak jarang para orang tua yang melakukan kesalahan dalam mengurusi perencanaan keuangan keluarga sehingga menjadi tidak terkendali. Dalam suatu keluarga, biasanya untuk memenuhi kebutuhan, banyak yang menggantungkan kebutuhan akan tingkat keuangannya pada pundak suami atau ayah. Dengan sistem perhitungan yang dibuat secukup-cukupnya dari gaji yang dihasilkjan oleh suami tersebut. Sementara tugas istri atau ibu adalah untuk melakukan pengaturan atas tingkat keuangan keluarga tersebut.

Sedangkan dalam kenyataannya, kesibukkan dalam mengurusi urusan rumah tangga justru seringkali membuat istri atau ibu menjadi kewalahan, sehingga tidak sempat untuk membuat perencanaan keuangan tersebut. Bagi para istri atau ibu di rumah yang juga turut merasakan hal yang sama dengan apa yang sudah disebutkan pada bagian di atas. Kini tidak usah khawatir kembali, karena kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membuat perencanaan keuangan untuk keluarga tersebut, diantaranya adalah :

Pergunakan Uang Untuk Tingkat Kebutuhan Yang Bermanfaat

Sebagai wanita pada umumnya tentu Anda sangat senang berbelanja, namun untuk saat ini mengingat bahwa Anda sudah berkeluarga dan juga sudah memiliki beban tanggungan, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan belanja tersebut, terutama apabila kebiasaan belanja itu justru lebih ditujukan untuk membeli berbagai macam bentuk barang yang tidak terlalu bermanfaat bagi kebutuhan keluarga. Ketika Anda sudah memiliki keluarga, usahakanlah untuk mempergunakan uang dengan sebaiknya, cara yang paling tepat seperti halnya dengan membelanjakan uang tersebut terhadap berbagai macam kebutuhan pokok yang menjadi kebutuhan prioritas dari keluarga Anda. Sebenarnya tidak ada larangan bagi Anda untuk membelanjakan uang tersebut sesuai dengan keinginan yang Anda inginkan, seperti hanya membeli baju, tas, sepatu atau bahkan pergi ke salon. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan catatan tidak dilakukan setiap minggu atau bahkan setiap bulan.

Jangan Menunda Untuk Menabung

Menabung adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam perencanaan keuangan keluarga, mengapa demikian? Karena dengan adanya tabungan maka memungkinkan bagi Anda dan juga pasangan untuk memiliki dana cadangan bagi masa pensiun yang bisa kalian gunakan. Selain itu tabungan juga dapat lebih menjamin kebutuhan akan anak-anak Anda, baik itu untuk kebutuhan sekolah, kesehatan atau jenis kebutuhan lainnya. Karena itulah biasakan untuk menyisihkan uang gaji yang Anda terima dalam beberapa persen sebagai bentuk tabungan. Kemudian apabila Anda memiliki hutang kepada orang lain, maka gunakanlah uang untuk tabungan tersebut lebih dahulu sebagai dana talangan untuk membayar hutang-hutang yang Anda miliki, dan pastikan pabila hutang telah tertutup maka gunakan uang tabungan tersebut hanya untuk bentuk tabungan yang semestinya.

Asuransi Jiwa

Banyak sekali bentuk asuransi jiwa yang bisa Anda gunakan, namun dalam memilih bentuk asuransi jiwa yang tepat, ada baiknya apabila Anda memilih jenis asuransi dengan premi yang dibayarkan lebih tinggi dan harus dibayar dalam jangka waktu tertentu saja, daripada Anda harus membayar premi dengan jumlah yang sedikit dalam kurun waktu seumur hidup. Karena jenis premi yang lebih tinggi tersebut dapat membuat Anda menentukan berapa besar jumlah yang bisa Anda dapatkan nantinya. Selain itu, dana asuransi ini juga sangat berguna apabila Anda hendak mengalokasikannya untuk keperluan pendidikan anak-anak Anda dimasa mendatang, hal ini bahkan sangat berguna jika memang terjadi sesuatu hal yang tidak Anda inginkan, agar membuat keluarga Anda tetap dapat menikmati manfaat dari perencanaan keuangan yang sempat Anda buat tersebut.

Pembuatan Surat Wasiat

Banyak diantaranya yang berpendapat bahwa surat wasiat hanya dibuat oleh mereka yang sudah berusia lanjut saja. Padahal dalam kenyataannya tidak ada salahnya apabila Anda ingin membuat surat wasiat sejak Anda berusia masih muda. Hal ini justru lebih memudahkan Anda, untuk mengatur apa yang tidak Anda inginkan di masa mendatang sebagai bentuk sedia payung sebelum hujan.