Tips Mudah Memilih Asuransi Properti yang Tepat

By on July 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 297 kali

Asuransi – Perkara memilih asuransi dan perusahaan asuransi yang tepat memang tidak pernah mudah. Dengan banyaknya perusahaan asuransi yang saling bersaing, sering juga kita dihadapkan dengan promosi murah-murahan yang memang sering menggoda iman. Padahal tidak semua promosi tersebut berlaku seumur hidup, banyak sekali yang menyelipkan catatan bertanda bintang yang nyaris tak tampak mata.

Memilih asuransi properti, khususnya asuransi rumah juga begitu. Sulitnya tidak jauh beda dengan saat kita memilih asuransi jiwa atau asuransi pendidikan karena adanya beban bahwa yang kita pilih sekarang akan menetukan kesejahteraan kita di masa depan. Apa yang akan terjadi jika rumah kita musnah akibat kebakaran namun pihak asuransi tidak mau memberi ganti rugi padahal kita sudah rajin membayar premi? Hal semacam ini tentu bisa membuat kita rugi dua kali lipat ditambah rasa kesal, marah, dan tertekan.

Untuk menghindari hal semacam ini terjadi di kemudain hari, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan pahami sebelum Anda menentukan keputusan:

Kebutuhan

Anda harus benar-benar mengerti perlindungan semacam apa yang dibutuhkan oleh rumah Anda. Jika Anda berada di dekat gunung berapi aktif, misalnya, maka Anda perlu memasukkan perlindungan terhadap erupsi gunung berapi. Jika rumah Anda berada di kawasan rawan banjir, tentu saja Anda juga harus memasukkan perlindungan terhadap banjir. Namun jangan serta-merta semua perlindungan Anda ambil karena bisa jadi akan membebani pembayaran premi Anda. Ambil secukupnya. Jika dirasa Anda tidak perlu menggunakan perlindungan terhadap gempa atau tsunami, maka Anda tidak perlu memasukkannya.

Detail Manfaat

Perusahaan asuransi biasanya akan menawarkan beberapa paket perlindungan rumah kepada Anda. Yang perlu Anda ketahu adalah manfaat atau perlindungan apa saja yang tercantum pada paket-paket tersebut. Anda perlu membandingkan manfaat yang diberikan paket satu dengan yang lainnya, juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memahami berbagai macam pengecualian yang menyebabkan perlindungan terhadap rumah Anda batal.

Selisih Harga

Jika Anda masih awam dengan penawaran-penawaran asuransi yang ada di pasaran, Anda bisa mulai dengan membaca produk-produk yang ditawarkan di laman resmi perusahaan asuransi pilihan Anda. Anda perlu membandingkan produk asuransi rumah dari satu perusahaan dengan produk dari perusahaan asuransi lain. Pilih beberapa produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda lalu bandingkan harganya melalui simulasi. Dengan demikian, Anda bisa melakukan eliminasi terhadap produk asuransi dengan harga premi yang terlalu tinggi.

Prosedur Klaim

Anda harus memahami juga prosedur klaim apabila terjadi musibah. Salah satu caranya adalah dengan memahami polis. Jika setelah membaca polis Anda masih merasa banyak yang tidak dimengerti, sebaiknya Anda langsung bertanya kepada agen asuransi. Jika Anda masih juga merasa tidak puas, tanyakanlah pada orang terdekat atau orang yang Anda percaya yang memiliki pengalaman dalam melakukan klaim. Dengan demikian, Anda tahu dengan pasti kapan saatnya terjadi klaim dan alasan yang bisa membuat klaim dibatalkan.

Rekam Jejak Perusahaan Asuransi

Anda juga harus mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi yang sedang Anda minati. Anda perlu menanyakan reputasi perusahaan asuransi tersebut pada orang-orang yang Anda kenal. Anda juga bisa mencari tahu melalui internet. Anda juga bisa membandingkan reputasi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya apabila Anda kesulitan memutuskan akan menggunakan asuransi yang mana. Perusahaan asuransi yang reputasinya bagus namun memiliki premi yang sedikit lebih mahal daripada perusahaan asuransi yang menawarkan premi paling murah bisa Anda jadikan pertimbangan karena apa gunanya bayar premi murah jika pada akhirnya klaim kita tidak dikabulkan.

 

Sumber: cekaja.com