Tips Merencanakan Keuangan Pribadi

By on July 27, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 363 kali

Perencanaan Keuangan – Tidak peduli berapa besar penghasilan Anda, merencanakan keuangan pribadi adalah keharusan. Sehingga penghasilan yang Anda dapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan dan tidak lebih besar dari pendapatan. Beberapa orang merasa cukup berat untuk merencanakan keuangan pribadi mengingat banyak sekali daftar keinginan yang telah dibuat. Padahal hanya ada dua cara untuk merencanakan keuangan yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah.

Mengetahui cash flow pribadi

Keuangan pribadi selalu melibatkan Anda sebagai seseorang yang menghasilkan pendapatan sekaligus yang akan menggunakannya. Sebelum merencanakan keuangan pribadi, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cash flow atau aliran uang yang Anda miliki. Dengan kata lain Anda sangat memahami jalur masuk sekaligus keluarnya uang yang Anda miliki. Untuk apa saja dan ke mana saja perginya uang Anda harus Anda ketahui dengan pasti.
Dengan mengetahui jalur keluar sekaligus masuknya uang, Anda akan memiliki pondasi yang kuat untuk menyusun rencana keuangan pribadi. Untuk mengetahui aliran uang, Anda harus mengetahui lebih dulu mengenai pemasukan atau pendapatan yang Anda terima. Tidak hanya dari gaji saja melainkan juga dari hasil bisnis. Selain itu sewa properti, bunga deposito hingga deviden saham dan kupon obligasi yang Anda miliki harus Anda ketahui dengan pasti.

Selain jalur pemasukan atau penghasilan, untuk merencanakan keuangan pribadi Anda juga harus tahu mengenai pengeluaran. Pembayaran premi asuransi, belanja bulanan pribadi, transportasi, biaya kesehatan hingga kebutuhan bersosialisasi seperti jalan dengan teman, ke salon dan liburan. Di mana semua pengeluaran ini haruslah memakan 20 hingga 40 persen maksimal dari jumlah penghasilan atau pemasukan yang Anda terima.

Hal yang tidak kalah penting dari pengeluaran yang Anda lakukan adalah hutang yang berupa cicilan pinjaman. Jika tidak berhati-hati merencanakan keuangan, hutang Anda bisa lebih besar dari pengeluaran penting lainnya. Sehingga sangat penting untuk mengatur pengeluaran sehingga Anda tidak terjebak hutang. Catatan penting dari pengeluaran ini adalah bahwa cicilan hutang yang harus Anda miliki maksimal adalah 30% dari jumlah pemasukan yang Anda terima.

Membuat tujuan perencanaan keuangan

Salah satu cara membangun pondasi yang kuat untuk merencanakan keuangan keluarga adalah dengan membuat tujuan yang jelas mengenai rencana keuangan pribadi Anda. Saat Anda membuat tujuan yang jelas, Anda juga harus belajar untuk memahami tujuan yang Anda buat. Sehingga Anda akan mengerti bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Dan juga metode apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tujuan rencana keuangan dibuat dalam rangka untuk memastikan bahwa keuangan yang Anda buat tidak hanya sekedar untuk mengelola penghasilan. Dengan kata lain rencana keuangan yang Anda buat tidak hanya untuk membuat kebutuhan Anda terpenuhi dengan memastikan jumlah pengeluaran lebih sedikit dari penghasilan saja. Melainkan tujuan dibuat dalam rangka membuat rencana keuangan Anda sukses untuk mencapai tujuan tersebut.
Sangat penting untuk mengetahui segala keinginan yang Anda buat. Termasuk bagaimana mengendalikan keinginan tersebut sehingga tidak begitu saja Anda penuhi melainkan mempertimbangkan dengan kebutuhan lainnya. Selain itu Anda juga harus mengetahui kemampuan yang Anda miliki dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan utama Anda. Hal ini menjadi penting karena mengendalikan nafsu adalah kunci dari merencanakan keuangan.

Seringkali seseorang kesulitan untuk merencanakan keuangan karena gagal mengendalikan nafsu konsumtif. Bahkan banyak yang terjebak dalam hutang karena gagal mengendalikan nafsu memenuhi keinginannya. Hal ini harus menjadi perhatian bagi Anda yang ingin merencanakan keuangan. Sangat penting untuk merencanakan keuangan pribadi dengan menjalani pola hidup sederhana mengendalikan nafsu belanja dan memenuhi semua keinginan Anda.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty