Tips Merencanakan Investasi di Hari Tua dari Sekarang

By on August 30, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 903 kali

Edukasi – Semakin bertambahnya umur Anda dan memasuki masa lansia, maka kinerja kerja Anda juga turut menurun. Tentu Anda tidak bisa terus-terusan bekerja untuk memenuhi segala kebutuhan karena keterbatasan fisik. Dana pensiun untuk hari tua benar-benar sangat dibutuhkan. Lalu kapan Anda harus mulai mengumpulkan dana ini? Ya, tentu saja mulai dari sekarang, sejak Anda masih berada dalam usia produktif.

Coba deh Anda pikirkan apa saja yang ingin Anda lakukan jika Anda sudah memasuki masa tua. Apakah Anda ingin menikmati liburan? Atau mungkin ingin naik haji? Semua itu tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika Anda mulai menyisihkan uang dari sejak dini, maka akan semakin bagus. Jadi, apakah yang harus Anda lakukan? Menabung? Rasanya menabung bukanlah kendaraan yang tepat untuk Anda, mengingat laju inflasi yang semakin meroket. Sebaiknya sisihkan uang Anda untuk berinvestasi.

Melalui tips merencanakan investasi di hari tua, Anda bisa menimbang-nimbang perencanaan dana pensiun seperti apakah yang paling cocok dengan Anda. Tips pertama, hitung-hitung kebutuhan hidup Anda di hari tua. Perkirakan pula inflasi yang bisa terjadi selama beberapa tahun ke depan. Pikirkan pula tujuan Anda, Apakah dana pensiun tersebut hanya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari ataukah untuk kebutuhan yang lainnya?

Berikutnya, perencanaan instrumen investasi yang Anda pilih. Investasi untuk dana pensiun biasanya akan membutuhkan waktu hingga puluhan tahun. Anda membutuhkan kendaraan yang bisa menutup inflasi dengan cara mengalokasikan modal Anda ke jenis investasi yang berpotensi menghasilkan return besar dalam jangka waktu yang panjang. Beberapa jenis investasi yang cocok dengan tips merencanakan investasi di hari tua yang satu ini adalah: Investasi Saham, Investasi Reksadana Saham, Investasi Berjangka, Investasi Obligasi, dan Investasi Properti.

Perencanaan jumlah dana yang dinvestasikan juga masuk ke dalam tips ini.  Menurut salah seorang ahli keuangan, sungguh amat baik jika Anda mampu menyisihkan uang untuk keperluan investasi di hari tua dengan persentase minimal dua kali inflasi pada saat itu. Misalnya saja, inflasi tahun ini adalah 3,5%, maka dana yang harus disisihkan adalah 7% dari pendapatan Anda. Bisa juga dana ini disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Karena investasi yang paling berpotensi untuk dana pensiun adalah investasi bereturn besar, maka perlu diingat jika resiko yang akan Anda tanggung memiliki jumlah yang besar pula. Hal ini tentu sangat baik jika Anda dapat menyesuaikannya dengan toleransi resiko Anda. Hal paling akhir dari tips merencanakan investasi di hari tua adalah membuat investasi yang terpisah jika Anda sudah berkeluarga. Hal ini tentu dilakukan sebagai antisipasi akan hal-hal buruk yang bisa saja terjadi, seperti perceraian. Itulah dia beberapa tips merencanakan investasi di hari tuan yang bisa saya bagikan untuk Anda.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty