Tips Meraih Keuntungan Mencoba Bisnis Jus

By on April 30, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,453 kali

Inspirasi Bisnis – Selain bisnis makanan, bisnis minuman memang dikenal yang paling laris manis di pasaran. Hal itu yang membuat banyak orang membuka bisnis minuman dengan berbagai varian rasa. Pada artikel sebelumnya telah kami bahas mengenai bisnis minuman secara umum, sekarang akan kami bahas minuman secara spesifik yaitu bisnin minuman jus. Bisnis minuman jus yang tidak hanya bisa menjadi penghilang dahaga tetapi juga memberikan dampak kesehatan yang sangat bagus bagi tubuh. Beberapa pakar medis pun menyebutkan bahwa beberapa buah jika dikonsumsi dengan cara dibuat jus akan memberikan manfaat yang cukup besar bagi tubuh. Hal inilah yang akhirnya melatarbelakangi banyak orang untuk membuka bisnis jus segar. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memodifikasi rasa jus atau mengkombinasikan setiap buah sehingga tercipta rasa baru yang lezat tapi tetap menyehatkan. Dengan sebuah perencanaan bisnis yang tepat maka Anda pun siap untuk bersaing dengan pebisnis lainnya yang membuka usaha serupa.

Lokasi strategis

Bagi seorang pebisnis makanan dan minuman, yang tak kalah pentingnya adalah menentukan lokasi strategis untuk berjualan. Pasalnya, lokasi yang tepat akan membuat Anda semakin mudah untuk mendatangkan pelanggan. Lokasi yang strategis akan membuat Anda bisa menemukan pelanggan yang potensial. Secara logika, berjualan di pinggir jalan yang sepi tentu akan lebih lama mendatangkan pelanggan dibandingkan berjualan di dekat sekolahan. Oleh karena itu, pilihlah sebuah lokasi yang memang memudahkan Anda untuk menemukan pelanggan. Contohnya saja, Anda bisa membuka usaha minuman jus di tempat ramai seperti tempat rekreasi, kampus atau sekolahan, taman kota, di kawasan kos-kosan ataupun di pemukiman yang merupakan kawasan padat penduduk.

Rasa yang inovatif

Sudah menjadi hal yang mutlak bahwa seorang pebisnis kuliner baik itu makanan ataupun minuman harus membuat diferensiasi. Oleh karena itu, jika ingin membuka bisnis minuman jus tentu Anda harus melakukan sebuah inovasi rasa yang tidak banyak dilakukan oleh pesaing. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menciptakan sebuah minuman jus segar. Diantaranya adalah meracik bahan baku minuman jus untuk menjadi jus aneka buah, jus smoothie, jus yoghurt ataupun jus yang lainnya dimana belum ditemukan oleh banyak orang. Membuat minuman jus dengan berbagai inovasi rasa akan membuat produk Anda mudah dikenali oleh pelanggan. Jadi, Anda harus benar-benar memaksimalkan rasa jus buah segar yang inovatif.

Menggunakan buah segar dan berkualitas

Bukan hanya pelanggan, Anda sendiri pun tak akan mau mengkonsumsi makanan ataupun minuman dengan bahan baku yang kurang berkualitas. Oleh karena itu, pastikan buah yang digunakan untuk membuat minuman jus segar masih segar dan tidak terpajang dalam kondisi busuk di etalase Anda. Paling tidak, Anda harus menggunakan sebuah lemari es kecil untuk menyimpan buah yang sudah dibeli agar tetap dalam kondisi besar. Kemudian, sebelum dipajang di etalase pastikan bahwa buah tersebut sudah dicuci dengan air bersih. Pasalnya, buah yang dalam kondisi kotor ketika dipajang di etalase akan membuat pelanggan enggan untuk membeli jus.

Sediakan beraneka macam buah

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam mengkonsumsi jus. Ada yang minum jus dengan hanya menggunakan satu macam buah saja, tetapi tidak sedikit yang ingin mengkombinasikan dua macam buah untuk menghasilkan sebuah minuman jus segar. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kekecewaan pelanggan karena tidak tersedianya buah yang diinginkan maka pastikan Anda memiliki beraneka macam stok buah-buahan segar. Dengan menyediakan buah-buahan yang beraneka ragam akan membuat pelanggan lebih mudah untuk memilih jus yang ingin dikonsumsi. Bahkan, Anda juga bisa menuliskannya di sebuah dinding ataupun daftar menu bahwa buah yang tersedia memang beraneka ragam dan lengkap.

Gunakan blender yang berkualitas

Selain buah-buahan yang segar, untuk bisa menghasilkan sebuah minuman jus buah yang segar saat dikonsumsi, faktor lainnya adalah penggunaan mesin blender yang berkualitas. Sebaiknya Anda tidak membeli blender secara sembarangan tidak bisa menghasilkan sebuah minuman jus yang berkualitas. Oleh karena itu, pilihlah blender yang memiliki kualitas mesin dengan putaran pisau penghancurnya yang cepat dan memiliki daya tahan lama dalam penggunaanya. Selain itu, pastikan bahwa blender milik Anda bisa menampung buah-buahan segar dalam jumlah kapasitas yang banyak. Pasalnya, dengan mesin blender yang berkualitas maka bahan baku seperti buah-buahan, susu, yoghurt maupun es batu akan hancur dengan dengan sempurna sehingga menghasilkan sebuah minuman jus segar yang bermutu tinggi tentunya. Jika dimungkinkan, belilah mesin blender lebih dari satu buah agar bisa melayani dua orang pembeli sekaligus. Hal ini tentunya akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar bagi Anda karena bisa melayani banyak pelanggan.

Selalu menjaga kebersihan

Menjalankan bisnis makanan ataupun minuman akan dihadapkan sebuah permasalahan yang bisa mengganggu selera pelanggan dalam menikmati makanan atau minuman yang dibelinya. Permasalahan tersebut adalah kebersihan dari booth Anda. Pasalnya, dengan kondisi booth yang tidak rapi bahkan banyak sekali sampah yang berserakan akan membuat pelanggan enggan untuk membeli produk Anda. Bukan hanya dari sampah yang dihasilkan saja yang membuat pelanggan enggan untuk membeli. Terkadang, penjual minuman jus tidak menjaga kebersihan blender yang digunakan untuk membuat minuman jus. Bahkan, gelas yang digunakan untuk menyajikan minuman pun terkadang masih tersisa aroma dari minuman jus yang sebelumnya. Tidak hanya itu saja, pastikan bahwa air yang digunakan untuk mencampur buah-buahan dan bahan baku lainnya juga merupakan air mineral yang berkualitas. Dengan menjaga segala kebersihan mulai dari booth hingga peralatan yang digunakan dalam menyajikan minuman jus akan membuat pelanggan yakin untuk membeli produk Anda.

Gunakan merek untuk gelas ataupun penutupnya

Sebuah merek ataupun logo merupakan identitas dari sebuah produk bisnis Anda. Pasalnya, sebuah merek atau logo bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang pelanggan dalam membeli sebuah produk. Selain itu, merek dan logo yang terpampang di gelas maupun di booth tempat Anda berjualan secara tidak langsung juga akan menjadi media promosi. Untuk penutup gelas dengan sebuah merek Anda bisa membeli mesin cup sealer untuk merekatkan gelas dengan plastik yang sudah berlogo. Jika pelanggan membawa minumannya berkeliling, itu akan menjadi media promosi yang cukup efektif untuk mengenalkan produk Anda.

 

Sumber: studentpreneur.co