Tips Menguntungkan Membuat Investasi Kos-Kosan

By on November 20, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 524 kali

Investasi Properti – Tips menguntungkan membuat investasi kos-kosan itu bersikap relatif. Ini karena tidak ada sistem baku dalam memulai investasi satu ini. Itulah mengapa investasi kos-kosan banyak dilirik untuk jadi bisnis menjanjikan.

Permintaan pasar cukup tinggi khususnya di area kampus, perkantoran atau pusat perbelanjaan. Segmentasinya luas dan bisa meningkatkan keuntungan tiap tahun. Harga jual bangunan pun terus melonjak dan pengelolaannya bisa dikerjakan sebagai sampingan.

Meski tergolong sederhana, Anda perlu kejelian dan ketelatenan untuk memulainya. Anda perlu membekali diri dengan informasi terbaru, pengetahuan dan manajemen yang baik agar bisa untung. Secara garis besar ada 4 poin penting yang bisa jadi tips menguntungkan membuat inverstasi kos-kosan. Di antaranya:

1. Siapkan Modal Investasi dan Lakukan Survei Potensi

Modal untuk memulai investasi ini relatif besar. Untuk itu pastikan budget Anda cukup untuk membeli banguan atau tanah, pembangunan dan kelengkapan fasilitasnya. Besaran modal tergantung kondisi dan strategi Anda dalam memulai bisnis.

Setelah itu lakukanlah survei potensi terlebih dahulu. Baik itu potensi pasar maupun lokasi. Pertimbangkan juga kondisi lingkungan sekitar kos-kosan dan pesaing. Dari survei tersebut Anda bisa membuat strategi jitu agar untung di investasi ini.

Anda bisa menggambarkan konsep design, trik pemasaran dan segmentasi penghuni yang dikehendaki. Begitu juga dengan jumlah kamar, ukuran, fasilitas dan patokan harga sewa per kamar. Data survei juga bisa jadi acuan meminimalisir risiko buruk yang merugikan. Misalnya lokasi rawan banjir atau kurang aman. Bisa dicarikan solusi dengan membuat bangunan lebih tinggi, akses yang mudah denga penjagaan 24 jam.

2. Pilih Lokasi Strategis dan Kantongi Perijinan

Lokasi paling strategis ialah di kawasan kampus, perkantoran atau industri. Semakin dekat dengan lokasi tersebut, biasanya harga kosan akan semakin mahal. Selain itu, banyak penghuni yang mengantri untuk menyewa. Lokasi kos-kosan yang strategis hampir tidak pernah sepi peminat dan selalu penuh. Meskipun harga yang dipatok lebih mahal.

Sebisa mungkin milikilah bangunan kos-kosan yang ada di area aman dan bebas banjir. Pastikan juga lokasi ditunjang oleh beragam infrastruktur penting. Misalnya kemudahan transportasi, suplai air bersih dan sebagainya. Lokasi yang tepat, nyaman, bersih, aman dan banyak fasilitas akan jadi primadona.

Selain itu jangan lupa mengantongi ijin bangunan dan usaha. Legalitas kuat akan memberikan rasa nyaman dalam berinvestasi dan menghindari masalah di kemudian hari.

3. Lengkapi Fasilitas Sesuai Segmen Penghuninya.

Tips menguntungkan membuat investasi kos-kosan juga sangat penting memperhatikan fasilitas. Mulai dari fasilitas dasar hingga tambahan yang sangat dibutuhkan penghuni. Misalnya air, listrik, tempat tidur, lemari dan sebagainya. And pun bisa memberikan tambahan WiFi, AC dan masih banyak lagi.

Kelengkapan fasilitas tersebut tentu disesuaikan dengan segmen penghuninya. Penghuni di segmen menengah dan atas sangat up to date dan memerlukan fasilitas komplit. Mereka juga cenderung menyukai kepraktisan, sehingga mencari kos-kosan yang menawarkan banyak kemudahan.

4. Sistem Pengelolaan yang Baik

Besar kecilnya keuntungan yang didapat dari investasi kos-kosan tergantung pada pengelolaan yang baik. Anda bisa mengelolanya sendiri atau memerlukan bantuan pihak lain. Baik itu dalam mengurus, menjaga, merawat dan mengatur sistem keuangan.

Tetapkan aturan yang wajib dipatuhi penghuni kos-kosan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Selektiflah dalam memilih penghuni untuk menghindari masalah. Bisnis ini memang bisa jadi sampingan, tapi dibutuhkan ketelatenan bila ingin berkembang.

Dalam perjalanannya Anda bisa saja melihat potensi baru, seperti jasa loundry, fotocopy dan sebagainya. Miliki sistem dan perhitungan terperinci soal keuangan. Ini akan sangat membantu mengetahui keuntungan dan menemukan peluang. Umumnya bisnis satu ini selalu mengalami peningkatan harga sewa kamar. Tergantung di bulan atau tahun berapa penghuni menyewa. Demikian referensi tips menguntungkan membuat investasi kos-kosan.