Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Terhindar Dari Boros

By on April 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,597 kali
Keuntungan dari Kartu Kredit Bunga RendahPerencanaan Keuangan – Ini bulan ketiga kamu punya kartu kredit, dan selama tiga bulan kamu merasa telah belanja berlebihan dari biasanya. Kamu yang biasanya perhitungan sebelum belanja, sejak punya kartu kredit, menjadi lebih longgar ketika ada promo baru. Kamu yang biasanya membuat rencana barang yang dibeli, sejak punya kartu kredit, tidak lagi membuat rencana belanja. Walhasil, setiap tagihan tiba kamu hanya bisa kaget melihat jumlahnya.

Apa yang salah?

Pada umumnya kebanyakan orang langsung menyalahkan kartu kredit sebagai alasan mereka menjadi semakin boros. Ada benarnya, namun tidak seluruhnya benar. Kartu kredit bagaikan pedang bermata dua, ia menjadi penolong bagi yang tahu cara menggunakannya secara bijak dan sebaliknya bagi yang tidak menggunakannya secara bijak.

Berdasarkan hasil penelitian yang melihat hubungan antara penggunaan kartu kredit, dan perubahan kebiasaan belanja, kartu kredit memang dapat membuat kamu cenderung untuk berbelanja berlebihan. Penggunaan kartu kredit menunda pain from paying kita saat bertransaksi. Pain from paying ini disebabkan oleh berkurangnya uang yang kamu miliki saat itu juga, baik di dompet maupun di rekening tabungan setelah bertransaksi.

Ketika menggunakan uang kas atau kartu debet, kita akan merasakan pain of paying pada saat transaksi saat itu juga. Hal yang sama tidak dirasakan langsung saat menggunakan kartu kredit. Kamu baru membayar diakhir bulan, ditambah lagi kamu tidak harus membayar secara penuh pada bulan tersebut sehingga kecenderungan untuk belanja berlebihan menjadi semakin besar.

Karena alasan itulah, kebanyakan orang melebih-lebihkan kemampuan mereka dalam membayar tagihan kartu kredit. Apalagi bagi mereka yang tidak mencatat tagihan kartu kredit-nya, seringkali pusing diakhir bulan karena tagihan kartu kreditnya membengkak.

Namun, seperti kata pepatah: “Buruk rupa, pinang dibelah”. Manusia-lah yang menggunakan kartu kredit. Kalau digunakan secara benar, banyak manfaat yang ditawarkan kartu kredit, diantaranya: praktis, banyak promo dan diskon yang bila digunakan secara proporsional akan membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran.

Bagi kamu yang baru tahu efek psikologis yang ditimbulkan kartu kredit, maka sudah saatnya kamu berbenah. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi belanja berlebihan akibat efek psikologis yang diberikan kartu kredit? Baca selengkapnya di bawah:

1. Catat jumlah tagihan setelah menggunakan kartu kredit

Ketika kamu menggunakan kartu kredit namun tidak mencatatnya, maka kamu tidak akan pernah tahu seberapa besar pengeluaran dan “utang” yang kamu harus bayar di akhir bulan. Sehingga kamu akan merasa terus dan terus merasa memiliki cukup uang di tabungan untuk belanja.

Orang tua kita memiliki kebiasaan untuk memiliki buku catatan tagihan. Ini mungkin cara yang agak melelahkan, namun sangat banyak membantu untuk mengontrol belanja terutama apabila gaji kamu masih kecil. Kamu tentu bisa menggunakan notes atau spreadsheet di smartphone bila malas membawa buku catatan kemana-mana. Kuncinya? Konsisten dan disiplin!

2. Tetaplah membuat rencana pembelian barang meskipun kamu telah memiliki kartu kredit

Hal ini banyak ditinggalkan ketika orang sudah memiliki kartu kredit. Ketika masih membayar menggunakan uang tunai dan kartu debet, ia selalu membuat rencana yang matang agar tetap bisa belanja untuk kebutuhan rutin lainnya hingga akhir bulan. Namun saat telah memiliki kartu kredit, ada kecenderungan kamu lebih lebih longgar dalam membuat rencana belanja sehingga pusing sendiri di akhir bulan.

Kalau kamu sudah mempunyai buku catatan tagihan, akan lebih mudah buat kamu untuk menyusun rencana pembelian berdasarkan anggaran yang kamu tentukan di awal dikurangi jumlah uang yang sudah kamu belanjakan dengan kartu kredit sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa memilih-memilih promo mana yang sesuai dengan rencana belanjamu dan mana yang tidak.

3. Buat rekening khusus untuk membayar tagihan kartu debit

Buat kamu yang sulit untuk mencatat pengeluaran, tips lainnya yang bisa kamu coba adalah membuat rekening baru. Rekening ini kamu isi setiap awal bulannya sesuai dengan rencana pembelanjaan kamu dengan kartu kredit di awal bulan (paling aman kamu mengisinya sesuai dengan limit kartu kredit).

Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir alasan kehabisan uang untuk membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan karena kamu sudah memisahkannya dari rekening untuk kebutuhan rutin setelah kamu menerima gaji.

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu tidak lagi pusing karena belanja berlebihan dengan kartu kredit ya!

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney