Tips Mengatasi dan Menghindari Kredit Macet

By on October 15, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 384 kali

Perencanaan Keuangan – Tips mengatasi dan menghindari kredit macet ialah langkah yang harus dipilih agar kredit macet tidak terjadi, berikut dengan cara menghindarinya agar hal itu tak terjadi. Kredit melalui berbagai bank di Indonesia telah cukup lama menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pinjaman uang untuk berbagai keperluan. Pada umumnya, kredit akan digunakan untuk menambah modal yang Anda butuhkan dalam menjalankan berbagai usaha. Modal yang diberikan dengan cara kredit tersebut juga dapat menjadi salah satu kunci bagi Anda untuk memulai sebuah usaha. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kini kredit tak hanya diberikan dalam bentuk uang saja, namun juga mungkin untuk Anda dapatkan dalam bentuk berbagai jenis barang.

Dalam mendapatkan kredit Anda, ada beberapa persyaratan mendasar yang harus Anda penuhi. Seperti penghasilan Anda setiap bulannya, adanya jaminan yang dapat digunakan selama Anda menikmati fasilitas kredit tersebut, dan juga bunga yang akan menjadi nilai tambah kredit yang Anda ambil. Apabila seluruh hal tersebut telah terpenuhi, maka Anda dapat dikatakan layak untuk mendapatkan fasilitas kredit tersebut. Hanya saja, beberapa keadaan selama masa kredit berjalan pun akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kredit macet. Agar hal itu tak terjadi, berikut ini merupakan beberapa tips mengatasi dan menghindari kredit macet yang mungkin terjadi selama masa kredit berlangsung.

Tidak Memanipulasi Proses Survey

Sebelum proses kredit benar-benar diberikan, tahapan survey selalu menjadi tahapan di mana pihak bank akan mempertimbangkan pengajuan kredit yang akan diberikan dengan melakukan tahapan survey untuk memastikan apakah nasabah tersebut layak untuk mendapatkan fasilitas kredit dari bank. Selama ini, proses survey banyak dipalsukan sehingga pihak bank akhirnya memberikan kredit kepada orang yang salah. Tak jarang, hal ini membuat kredit yang diberikan menjadi macet di tengah jalan dan juga merugikan hampir semua pihak yang terlibat dalam memberikan kredit tersebut.

Untuk menghindari agar kredit tak macet maupun bermasalah, maka pada proses survey sebaiknya tak ada hal yang dimanipulasi. Baik dari pihak nasabah maupun pihak bank disarankan untuk tidak memalsukan data apapun sehingga kredit yang diberikan tak akan jatuh ke tangan yang salah hingga akhirnya akan menjadi kredit macet yang merugikan banyak pihak. Ketika hal ini sudah terlanjur terjadi, maka yang harus dilakukan ialah dengan menjamin bahwa kredit yang diberikan dan digunakan kepada nasabah tidak menjadi kredit macet.

Kredit Sesuai Kemampuan

Cara lain untuk menghindari kredit macet adalah dengan mengambil kredit sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Meskipun sebagai nasabah Anda dinyatakan layak untuk mendapatkan berbagai jenis kredit dari bank, namun Anda sebaiknya mengambil kredit yang reliable atau sesuai dengan kemampuan Anda pada saat itu. Melewati batas kemampuan Anda dan memaksakan diri untuk mengambil kredit dengan nilai yang terlalu tinggi justru akan menjadi sebuah permasalahan baru untuk Anda di masa mendatang.

Dalam hal ini, ada baiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai batas kemampuan yang Anda miliki sekaligus mempertimbangkan untuk mengambil nilai kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja, tanpa harus menambah kredit yang telah berjalan sehingga menjadi kredit dalam jumlah yang besar. Apabila Anda telah menyesuaikan nilai kredit yang akan diambil sekaligus menghindari adanya kemungkinan bahwa Anda akan menjadikan kredit tersebut sebagai kredit macet yang merugikan banyak pihak. Ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips mengatasi dan menghindari kredit macet selama proses kredit diberikan untuk Anda.