Tips Mengajukan Kredit Usaha Secara Mudah

By on April 6, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,131 kali

Tips Mengajukan Kredit Usaha Secara MudahStart-Up Bisnis – Anda memiliki bisnis, dan berencana untuk mengembangkannya? Namun Anda tidak memiliki modal yang cukup, dan Anda ingin mengajukan pinjaman atau kredit usaha. Berikut tips agar rencana pinjaman usaha Anda bisa lancar tanpa halangan.

Berbicara tentang bisnis atau usaha, bukan hanya modal uang saja yang selalu dibutuhkan para pelakunya. Karena ada modal lainnya seperti keahlian, kreativitas, networking, motivasi, serta tekad kuat untuk bisa mempertahankan bisnisnya.

Namun, lagi-lagi, saat ingin mengembangkan bisnis, modal uang menjadi kendala yang selalu dibicarakan. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu diketahui, saat Anda memiliki niatan untuk mengajukan kredit.

Langkah #1
Tentukan tujuan uang yang ingin Anda pinjam

Ketika berbicara tentang pinjaman untuk bisnis, ada alasan baik dan alasan buruk. Alasan yang baik biasanya uang yang Anda pinjam terkait dengan tujuan pembiayaan peralatan, pembelian properti, pengembangan perangkat lunak dalam jangka panjang, atau pengembangan produk dalam musim tertentu (misalnya penjual pakaian di saat musim lebaran).

Sedangkan alasan yang buruk adalah uang yang Anda pinjam ditujukan untuk mengatasi kerugian keuangan yang sedang berlangsung, membangun kantor, atau memperoleh aset bisnis yang tidak esensial.

Langkah #2
Tentukan berapa banyak uang yang dibutuhkan oleh bisnis Anda

Kebanyakan usaha kecil tidak meminta pinjaman yang besar. Jangan remehkan jumlah uang yang ingin diajukan. Sebab pemberi pinjaman juga akan menilai besar kecilnya bisnis Anda. Bila Anda terlalu melebihkan jumlah uang yang ingin dipinjam dan tidak sebanding dengan nilai bisnis yang Anda miliki, maka pemberi pinjaman juga akan mempertanyakan Anda sebagai pemilik bisnis dan kredibilitas Anda. Cobalah untuk memiliki dan membuktikannya dengan rencana anggaran yang didukung oleh proyeksi keuangan akan bisnis Anda. Misalnya seperti laporan laba dan rugi, serta laporan arus kas yang wajar

Langkah #3
Ketahui nilai kredit Anda

Seperti pinjaman lain, setiap pemberi pinjaman juga akan melakukan penilaian. Mereka akan melihat nilai kredit atau kemampuan kredit yang Anda miliki. Karena itu, cobalah untuk mengetahui apa yang dicari oleh pemberi pinjaman, dan bagaimana membandingkan skor yang And amiliki dengan harapan mereka. (Baca juga: Apa Usaha Anda? Ini Jumlah Kredit yang Bisa Diajukan)

Langkah #4
Bandingkan pinjaman dan bank

Setiap bank atau pemberi pinjaman memiliki kriteria dan persyaratan yang berbeda. Bahkan, mereka pun memiliki bunga yang berbeda untuk pinjaman yang diberikan. Baik untuk Anda, cobalah bandingkan bank-bank yang memiliki kredit usaha. Cobalah lakukan riset kecil untuk bank yang Anda ingin pilih. Cara mudahnya adalah dengan melakukan perbandingan kredit usaha secara online.

Langkah #5
Siapkan paket aplikasi pinjaman

Paket disini adalah dokumen untuk pinjaman yang ingin Anda ajukan. Anda harus siap dengan setiap dokumen yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen ini biasanya meliputi:

– Data Anda sebagai pemilik bisnis dan rencana bisnis yang Anda miliki
– Laporan dan proyeksi keuangan; laporan rugi-laba, neraca, dan laporan arus kas
– Informasi keuangan pribadi; rekening koran dan informasi pajak

Ingatlah, pemberi pinjaman juga akan melakukan riset tentang bisnis Anda dalam penilaiannya

Langkah #6
Coba menunggu

Jangan terburu-buru untuk mendapatkan pinjaman setelah mengajukan. Jangan Berharap untuk mendapatkan jawaban dalam waktu dua sampai empat minggu. Cek status Anda. Karena beberapa lembaga pinjaman biasanya akan membutuhkan dokumen tambahan.

 

Sumber: cekaja.com