Tips Mencari Supplier Tepat Untuk Bisnis Online Anda

By on June 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 548 kali

Start-Up Bisnis – Mengelola bisnis di internet sekarang ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Mulai dari kalangan pelajar sampai dengan kalangan pengusaha menjalankan bisnis internet sudah menjadi tumpuan untuk usaha sampingan atau bahkan sebagai mata pencahariannya sehari-hari. Indonesia sebagai salah satu pengguna internet terbesar di dunia juga sebenarnya banyak yang masih awam tentang pemanfaatan internet, yang salah satunya bisa digunakan untuk menjalankan bisnis jual beli online.

Strategi menentukan supplier

Sudah banyak pengusaha yang sukses hanya berkat jualan online. Mungkin ini juga salah satu yang mendorong banyak orang untuk berbondong-bondong ingin mengikuti jejak suksesnya sang pengusaha tersebut. Dengan iming-iming berbisnis modal kecil bahkan menjalankan bisnis tanpa modal dengan internet. Terkadang yang masih jadi kendala adalah banyak yang sudah siap untuk mengelola bisnisnya di internet, namun kebanyakan dari mereka tidak memiliki produk yang akan dijual.

Nah inilah peran seorang supplier yang bisa memberikan solusi kepada beberapa pemasar yang sudah siap menjualkan produk namun tidak memiliki produk. Akan tetapi bagi Anda yang belum pernah mengenal tentang dunia bisnis tentu saja akan merasa bingung, bagaimana sih caranya mencari atau menentukan supplier yang bisa dipercaya dan tepat untuk mendukung bisnis yang akan dijalankan nantinya?

Sebenarnya untuk mendapatkan supplier itu mudah, tinggal kita mengetikkan beberapa kata kunci tentang supplier di mesin pencari maupun di forum pasti akan ada banyak kita temukan. Namun yang sulit adalah menentukan seorang supplier yang benar-benar bisa dipercaya akan kredibilitasnya. Terutama bagi yang ingin mengelola bisnis dropshipping. Sudah jelas reputasi Anda sebagai pihak pemasar akan dipertaruhkan ketika produk yang dikirimkan dari supplier ke konsumen Anda tidak sesuai dengan harapan konsumen ataupun Anda sendiri.

Berikut ini ada beberapa strategi agar Anda bisa lebih mudah menentukan supplier yang tepat untuk mendukung penjualan Anda di internet.

1. Menentukan produk

Sebagai langkah awal tentu yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk yang akan Anda jual. Untuk memulainya Anda bisa memilih produk ‘Red Ocean’ terlebih dahulu. Dimana produk dari red ocean ini adalah produk yang banyak dicari konsumen dan permintaannya sangat tinggi. Sebagai seorang pemasar yang masih baru jika memilih produk red ocean ini mungkin kendalanya Anda akan bersaing dengan pemasar lainnya yang sudah punya brand besar sebelumnya. Untuk itu Anda harus menentukan juga brand yang akan Anda usung untuk produk tersebut. Akan tetapi jika Anda ingin memilih produk ‘Blue Ocean’ atau produk yang masih jarang peminatnya juga tidak masalah.

2. Reputasi supplier

Sudah dijelaskan sebelumnya diawal bahwa untuk memilih supplier di internet itu mudah. Namun di sini yang paling menentukan baik atau tidaknya bisnis Anda adalah dimulai dengan menentukan supplier yang reputasinya bisa dipertanggung jawabkan. Seorang supplier dengan reputasi yang baik tentu akan direkomendasikan oleh banyak orang.

Jika Anda sudah menentukan supplier yang akan menjadi pemasok bisnis Anda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu sejauh mana sepak terjang dari supplier tersebut, dengan cara searching nama toko dan juga nama pemilik supplier tersebut melalui situs pencari, forum, dan jika ada websitenya, lihat juga bagaimana profil perusahaannya. Jika perlu hubungi langsung secara privat melalui email atau telefon. Seorang supplier yang sudah berpengalaman akan responsif dan mudah menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan terkait sistem jual beli yang berhubungan langsung dengan supplier. Tentu sebelumnya Anda harus menyiapkan beberapa pertanyaan terlebih dahulu.

Sebagai informasi tambahan bahwa Internet akan merekam jejak kasus kejahatan di dunia maya. Jika ternyata supplier tersebut reputasinya buruk pasti akan banyak juga yang membicarakannya di internet, begitu juga sebaliknya jika reputasinya baik akan ada banyak juga yang merekomendasikannya.

3. Ujicoba pelayanan

Sebelum Anda memulai untuk memasarkan produk ke konsumen. Anda sepertinya perlu melakukan ujicoba dengan membeli produk dari supplier tersebut dan bisa dikirimkan kepada saudara atau teman Anda. Hal ini sangat perlu dilakukan oleh seorang dropshipper untuk mengetahui sejauh mana supplier yang dipilih. Apakah pelayanannya benar-benar baik dan bisa dipercaya. Karena sekarang ini juga banyak supplier dopshipping yang berlaku curang dengan tidak mencantumkan identitas Anda sebagai pemasar kepada konsumen yang membeli produk melalui Anda. Tentu saja jika konsumen tersebut melakukan repeat order, sangat tidak menguntungkan bagi Anda sebagai pihak pemasar.

Dari ketiga poin diatas bisa Anda coba terapkan untuk mulai menjalankan bisnis di internet mulai dari sekarang. Seperti yang kita tahu untuk melakukan jual beli online saat ini sudah jauh lebih mudah dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya yang harus memiliki toko online sendiri untuk menjual produk. Namun sekarang ini jualan melalui media sosial maupun website marketplace sudah bisa dilakukan, bahkan pengelolaannya jauh lebih mudah, dan pastinya gratis tanpa sewa. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan memiliki website atau toko online sendiri.

 

Sumber: netpreneur.co.id