Tips Menabung dengan Gaji 2 Juta

By on November 25, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 476 kali

Perencanaan Keuangan – Menabung dengan gaji 2 juta sebulan mungkin bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Meskipun kebiasaan menabung sudah diajarkan semenjak berada di Sekolah Dasar, tapi tidak semua orang mampu melakukannya. Masalahnya adalah kesulitan menyeimbangkan antara pengeluaran dengan pemasukan.
Gaji yang pas-pasan selalu dijadikan alasan untuk tidak dapat menabung. Apalagi bagi pekerja yang bekerja di luar kota dan memerlukan biaya untuk membayar sewa kos. Ditambah dengan gaya hidup teman-teman yang memerlukan dana tidak sedikit, akan semakin mempersulit kemampuan untuk menabung. Namun, tidak bijak juga jika terus mengikuti tren dan menghabiskan seluruh gaji.

Cara Menabung dengan Gaji Kecil

  • Mencatat semua pengeluaran
    Buatlah catatan setiap bulan yang berisi rincian anggaran pengeluaran. Sesuaikan dengan jumlah pemasukan dalam sebulan. Dahulukan pengeluaran yang sifatnya pokok, seperti uang sewa kos, biaya makan sebulan, pulsa, transportasi, dan lain-lain. Usahakan untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.
  • Buat dua rekening tabungan
    Apabila Anda kesulitan menghentikan hasrat belanja dapat membuat dua rekening di bank berbeda. Satu rekening khusus dibuat untuk menyimpan sebagian uang gaji sebagai tabungan. Jangan buat ATM untuk rekening ini, agar tidak tergoda untuk mengambilnya setiap saat. Rekening lain dibuat untuk menyimpan uang gaji yang digunakan untuk belanja harian. Lupakan jumlah uang yang ada di rekening tabungan untuk membentuk pola pikir, bahwa uang yang dapat digunakan hanya uang belanja.
  • Menyisihkan sebagian gaji untuk bisnis
    Jika Anda seorang pegawai tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan dari berbisnis online. Anda bisa menjual beberapa barang, seperti baju, tas, sepatu secara online. Apalagi saat ini banyak produsen yang menawarkan sistem reseller dropship, sehingga tidak membutuhkan modal. Cukup memasang foto-foto dagangan di media sosial, dan transaksi dapat dilakukan langsung melalui Anda. Produsen akan mengirim langsung ke alamat pembeli. Dengan cara ini jumlah uang untuk dijadikan modal dapat bertambah terus dan menjadi tabungan yang menguntungkan.
  • Sisihkan minimal 30% gaji
    Anda harus menetapkan nominal jumlah uang yang akan ditabung setiap bulan. Usahakan untuk menyisihkan 30% dari total jumlah penghasilan yang didapat perbulan.
    Simulasi tabungan :
    Gaji sebulan                             Rp 2.000.000
    Uang tabungan sebulan        30% x Rp 2.000.000 = Rp 600.000
    Jumlah tabungan setahun    12 x Rp 600.000 = Rp 7.200.000
  • Membeli emas secara kredit
    Emas adalah cara tepat untuk berinvestasi. Saat ini Pegadaian menawarkan program pembelian emas secara kredit. Berat emas yang ditawarkan cukup beragam, dimulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Anda dapat menyesuaikan kemampuan keuangan dengan emas yang akan dibeli. Sistem pembayaran angsuran juga cukup fleksibel. Anda dapat memilih berapa kali akan mengangsur emas tersebut.
    Investasi emas ini sangat menguntungkan, karena harganya cukup stabil. Jika disimpan dalam jangka waktu lama dapat melindungi nilai kekayaan. Keuntungan lain adalah harga emas tetap seperti saat pertama memberikan uang muka. Jadi jika harga emas naik dalam waktu 3 bulan ke depan, sedangkan emas masih diangsur, harganya tetap atau tidak mengalami kenaikan.
  • Hindari penggunaan kartu kredit
    Sama seperti ATM, kartu kredit merupakan godaan besar untuk membelanjakan uang. Penggunaan kartu kredit cukup merugikan jika tidak disiplin dalam membayar tagihan, karena perhitungan bunga yang cukup tinggi. Maka jika ingin menabung dengan gaji 2 juta, tolak penawaran kartu kredit yang akan menguras uang gaji hanya untuk mengangsur tagihan tiap bulannya.

Incoming search terms: