Tips Memilih Saham Berkualitas dengan Peluang Profit Lebih Besar

By on August 20, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 342 kali

Investasi Saham – Beberapa orang memilih untuk berinvestasi pada saham. Keuntungan investasi saham juga terbilang sangat menguntungkan. Namun, bukan berarti Anda bisa langsung membeli saham dan berharap keuntungan besar datang. Sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa saham yang Anda beli tersebut adalah saham yang berkualitas. Berikut ini beberapa tips memilih saham berkualitas.

Mencari informasi mengenai perusahaan

Dalam hal ini, Anda bisa mencontoh apa yang dilakukan investor saham terkaya, Warrant Buffet. Rahasia kesukesannya dalam menjalankan investasi saham adalah mengenal perusahaan yang menjadi tempat dirinya memberikan investasi saham. Secara spesifik, Anda harus mencari tahu mengenai track record pemilik perusahaan sekaligus management perusahaan tersebut. Jika management perusahaan tidak terlalu baik maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memasukkan investasi saham ke dalam perusahaan tersebut. Sebaliknya, jika Anda nilai perusahaan tersebut dalam kondisi sehat dan pemiliknya pun aman, maka tidak ada salahnya untuk memberikan dana investasi saham Anda kepada perusahaan tersebut. Saham yang Anda beli pun tidak harus besar. Pasalnya, saham yang biasa saja namun dikelola dengan baik maka nilainya akan semakin tinggi. Pengelolaan yang baik tidak akan tercapai jika management perusahaan tidak baik.

Memprediksi keuntungan dalam jangka panjang

Satu lagi tips memilih saham berkualitas adalah dengan memprediksi management perusahan. Prediksi ini harus dilakukan untuk keperluan keuntungan investasi saham dalam jangka panjang. Bisa jadi, Anda mendapatkan keuntungan di awal namun selanjutnya Anda harus kehilangan aset atau modal karena saham Anda mengalami kerugian. Melihat tren pasar saham sangat penting sehingga Anda tahu saham dalam sektor apa saja yang memiliki prospek setidaknya 5 tahun ke depan.

Melihat pesaing perusahaan

Sebelum melakukan investasi saham pada perusahaan dalam sektor tertentu. Anda tidak hanya harus melihat apakah perusahaan tersebut sehat atau sakit. Lebih dari itu, Anda pun harus melihat pesaing perusahaan tersebut. Ada kalanya perusahaan tersebut dalam kondisi sehat namun persaingannya ketat. Ada baiknya melakukan perhitungan yang cermat. Jika persaingannya terlalu ketat, maka pertimbangkan untuk mencari perusahaan lain. Tentu saja, hal ini juga bergantung dari besar saham yang akan Anda ingin investasikan. Jika Anda merasa perusahaan tersebut akan memberikan keuntungan yang besar walaupun persaingannya ketat, maka tidak masalah bagi Anda untuk melakukan investasi saham. Pelajari dengan seksama profil pesaing-pesaing perusahaan dengan perusahaan tempat di mana Anda berencana untuk menanamkan saham.

Mempelajari laporan keuangan dan riwayat harga saham

Salah satu hal yang perlu Anda pastikan saat akan melakukan investasi saham adalah dengan mempelajari terlebih dahulu laporan keuangannya. Laporan keuangan bisa menjadi salah satu indikasi apakah perusahaan tersebut termasuk perusahaan yang sehat atau bermasalah. Periksalah kemampuan perusahaan dalam membayar tanggungan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Perhatikan pula bagaimana cara mereka bertindak saat mengalami kesulitan keuangan. Setelah itu, cek pula riwayar harga saham yang ditawarkan. Periksa fluktuasi harganya apakah cenderung naik, cenderung turun atau stabil saja. Dengan mengetahui kecenderungan riwayat harga saham, maka Anda bisa memprediksi profit yang akan Anda dapatkan.

Dengan tips memilih saham berkualitas ini, Anda tidak hanya mampu memilih saham dan perusahaan yang tepat namun juga menentukan apakah Anda akan menanamkan saham dalam jangka panjang atau pendek. Semua terserah pada Anda dan semua keputusan Anda akan mempengaruhi jumlah profit dan tingkat resiko yang Anda dapatkan. Selamat menanamkan dana Anda pada investasi saham dan semoga Anda mendapatkan hasil yang memuaskan seperti yang Anda idam-idamkan bahkan melebihi apa yang Anda perkirakan.