Tips Memilih Investasi Saham Bagi Pemula

By on July 3, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 330 kali

Investasi Saham – Saat ini banyak orang yang muali untuk memiliki investasi dalam bentuk saham dibandingkan dengan jenis investasi lain. Saham merupakan sebuah surah atau setifikat yang menyatakan bahwa Anda ikut memiliki sebuah  bentuk badan usaha,baik dari perusahaan dalam dan luar negeri. Semua jenis perusahaan yang sudah melepas saham di bursa efek atau pasar dagang saham bisa menjadi sasaran yang tepat. Jika Anda memiliki saham sebuah perusahaan yang dijual secara bebas maka Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa keuntungan pemegang saham. Menarik bukan, memiliki investasi saham. Jika Anda tertarik dan masuk sebagai pemula maka ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Memilih Perusahaan Sekuritas

Meskipun Anda ingin membeli saham, namun Anda tidak bisa membeli saham secara langsung. Saham hanya diperjualbelikan dari sebuah perusahaan sekuritas yang telah terdaftar menjadi anggota bursa efek atau pasar saham. Sebelum Anda memilih jenis perusahaan sekuritas maka lakukan pemilihan dengan cara yang tepat. Anda bisa memilih perusaah sekuritas berdasarkan pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Memang tidak mudah untuk menemukan perusahaan sekuritas yang tepat, karena jika terjadi kesalahan maka Anda bisa mendapatkan kerugian. Pilih perusahaan sekuritas yang telah memiliki kepercayaan. Anda bisa memilihnya dengan mengetahui klien yang sudah pernah menjadi klien dari perusahaan sekuritas tersebut.

Pilih Pialang Anda

Apakah Anda ingin menjalankan bisnis saham Anda sendiri atau Anda menyerahkan pada seorang pialang. Pialang adalah seseorang yang bertugas untuk memperjual belikan saham yang Anda miliki. Pialang akan bekerja di kantor sekuritas sehingga memudahkan hubungan antara pemilik modal dan orang yang menjalankan saham Anda. Untuk memilih pialang maka pastikan bahwa Anda memang memilih orang yang paling bisa dipercaya. Jangan pernah memilih pialang yang memang belum Anda kenal sebelumnya. Anda bisa mulai menjajaki beberapa pialang dan pilih salah satu pialang yang benar-benar bisa bekerja sesuai keinginan Anda.

Tentukan Besar Modal

Ketika Anda datang sebagai pemula dalam dunia bisnia saham, maka perhatikan besar modal yang akan Anda investasikan. Jangan terlalu berharap besar pada awal investasi. Banyak pemula yang gagal kemudian merasa tertipu karena mereka memberikan investasi dalam jumlah yang terlalu tinggi. Jadi tentukan besar modal dengan ukuran yang memang tidak terlalu besar. Sebagai pemula Anda harus menganalisa apakah jumlah modal yang Anda keluarkan memang sesuai dengan target atau tidak. Tapi perhatikan untuk memilih target ringan pada awal investasi.

Pilih Saham dengan Nilai Jelas

Penting bagi seseorang yang akan memilih saham untuk memilih perusahaan tertentu. Pilih perusahaan yang memang dikenal secara umum dan sudah bergerak dalam bidang yang jelas. Selain itu pertimbangkan untuk memilih perusaan yang bergerak dalam usaha yang baik, memiliki produk dengan cakupan pasar yang luas, tidak memiliki banyak hutang dan perusahaan mampu memberikan informasi yang jelas kepada pemilik saham.

Jangan Tergantung Pialang

Meskipun Anda sudah menjalankan investasi saham dengan pialang, maka jangan pernah menyerahkan sepenuhnya. Anda tetap harus bergerak sendiri dan mulai untuk belajar tentang ilmu gerakan saham. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan belajar untuk melakukan analisis terhadap pergerakan saham. Dari semua awal pelajaran maka Anda bisa mulai untuk membuat keputusan, menentukan langkah saat saham memiliki resiko dan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.  Jadi berbagai cara ini akan mempengaruhi nilai investasi yang telah Anda tanamkan.