Tips Membuat Perencanaan Keuangan

By on January 13, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 428 kali

Membutuhkan perencanaan keuangan? Ini tipsnya

Ini adalah apa yang dipikirkan oleh tiap orang saat memiliki gaji ngepas. Mengolah dan merecanakan keuangan memang sangat harus dibuat sejak awal. Sehingga dengan perencanaan yang tepat maka anda bisa mencai tujuan yang tepat untuk impian anda. Sebenanya perencanaan sangat baik untuk membantu anda dalam mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan dana pendidikan, dana untuk pensin dana untuk membeli rumah dan lainnya.

Merencanakan Keuangan = Merencanakan Kehidupan

Pada dasarnya banyak orang yang merasakan kesulitan dalam membuat perencanaan untuk keuangan. Anda biasanya akan merasa sangat bingung apa yang ingin direncanakan jika memiliki pendapatan yang pas – pasan. Itu adalah apa yang banyak dipikirkan oleh beberapa orang. Padahal jika anda membuat perencanaan dengan baik dengan penghasilan dan gaji yang pas – pasan mungkin bisa saja anda bisa memiliki tabungan yang bisa anda gunakan untuk suatu saat kemudian. Intinya adalah dengan membuat perencanaan keuangan dengan baik dan disiplin maka semua ini mungkin bisa terwujud.

Sebenarnya masalah utama dari merecanakan keuangan memiliki hubungan dan keterkaitan satu sama lain dengan bagaimana cara anda untuk membuat rencana untuk masa depan. Dari usia remaja atau dari anak – anak jika sudah dibiasakan dengan membuat rencana untuk masa depan maka hidup akan menjadi lebih mudah untuk dijalani. Apalagi untuk anda yang sudah berumah tangga, membuat rencana keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk pasangan dan masa depan anak – anak nantinya.

Tips Merencanakan Keuangan

Jika berbicara besar kecilnya gaji dan pengasilan yang didapatkan adalah bukan salah satu hal utama yang harus anda perhatikan saat membuat sebuah rencana dalam keuangan. Jika anda memiliki gaji puluhan juta dalam satu bulannya tapi tidak memiliki perencanaan keunagan maka penghasilan anda yang banyak setiap kecil akan menjadi sangat pas – pasan. Sedangkan untuk anda yang hanya memiliki gaji sekitar 1 hingga 2 juta dalam sebulan jika merencanakan keuangan dengan baik dalam waktu yang sangat tepat maka anda mungkin bisa memenuhi kebutuhan dengan baik tanpa merasakan kekurangan. Dan untuk anda yang ingin membuat perencanaan keuangan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan diantaranya adalah:

  • Kemauan Anda. Faktor penentu untuk membuat perencanaan keuangan adalah kemauan anda untuk mengaur diri sendiri menjadi lebih disiplin denga baik. Dengan cara ini anda mungkin baru bisa mengatur keuangan anda. Sehingga anda bisa mendapatkan apa yang menjadi tujuan anda.
  • Buat daftar Apa saja yang menjadi kebutuhan anda. Anda harus membuat daftar apa saja yang menjadi priotitas utama anda. Anda  harus menempatkan kewajiban pada bagian yang lain seperti kredit atau cicilan motor pada urutan pertama daftar kebutuhan anda.
  • Anda bisa membuka rekening bank Khusus untuk tabungan yang anda miliki tujuannya adalah untuk membedakan rekening yang anda gunakan untuk sehari – hari. Anda harus memiliki jenis rekening yang tidak menggunakan ATM sehingga tidak mengharuskan anda mengeluarkan biaya Administrasi yang biasanya akan membebankan anda.
  • Setiap mendapatkan gaji, anda harus membuat pengaturan untuk pengeluarakan anda berdasarkan skala yang diprioritaskan paling utama. Jangan lupa untuk menyisihkan 10 persen dari penghasilan untuk membayarkan cicilan dan kewajiban anda yang harus anda bayarkan.
  • Saat berbelanja semua kebutuhan rumah tangga, anda harus mencatat barang yang diperlukan saja dan jangan membeli barang tidak penting. Jika diperlukan bawa uang secukupnya saja. Sehingga anda bisa mengalokasikan keuangan dengan baik. Saat membeli barang – barang yang jumlahnya cukup banyak pilihlah tempat belanja yang grosiran yang biasanya memberikan penawaran harga yang lebih murah dari pada membelinya di supermarket dll.

Jika Membutuhkan perencanaan keuangan? Ini tipsnya yang bisa anda lakukan sebagai cara untuk mendapatkan tujuan hidup yang lebih baik.