Tips Membeli Properti Untuk Berinvestasi

By on January 9, 2014 | Artikel ini Sudah di baca 897 kali
investasi properti

Tips Membeli Properti Untuk Berinvestasi

Investasi Properti – Dari tahun ke tahun, kebutuhan manusia akan tempat tinggal semakin bertambah. Sayangnya lahan yang digunakan untuk dibangun tempat tinggal justru semakin menyusut. Inilah yang mengakibatkan harga tanah dan properti terus melonjak naik tiap tahunnya. Jangan heran jika semakin banyak orang yang merambah bisnis dan investasi properti. Iming-iming keuntungan yang besar di depan mata berhasil menarik hati banyak orang untuk terjun ke dunia ini. Namun salah mengambil langkah ketika membeli properti yang akan diinvestasikan bisa berakibat fatal loh.

Mungkin di antara Anda yang sedang membaca artikel ini sedikit berminat dengan investasi properti jangka panjang. Sebenarnya banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai kegiatan ini. Pada kesempatan ini, simaklah beberapa tips membeli properti berikut ini yang dapat membantu Anda dalam bisnis investasi properti.

1. Menentukan Lokasi

Hal paling penting dalam memilih properti untuk berinvestasi tentu saja lokasi dari properti tersebut. Semakin strategis lokasi suatu rumah, maka potensi harga rumah itu akan naik tentulah semakin besar. Biasanya rumah yang strategis terletak di pusat kota. Daerah sekitar pinggiran kota juga termasuk ke dalam kategori lokasi strategis selama memiliki akses jalan mudah dan bisa dilalui transportasi umum menuju pusat kota. Lebih baik lagi jika rumah tersebut dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, sekolah, atau rumah sakit.

2. Pihak Pengembang

Penjual properti yang akan Anda beli disebut juga sebagai pengembang. Sebaiknya Anda harus pintar-pintar dalam memilih pengembang properti yang terpercaya. Pengembang yang memiliki nama baik di bidang bisnis properti belum tentu memiliki track record yang baik pula. Demi meminimalisasi resiko properti Anda akan disita, sebaiknya pilih pengembang yang memakai modal sendiri. Dapatkan diskon atau penurunan harga dengan melakukan negosiasi antara Anda dan juga pihak pengembang.

3. Harga dan Cara Pembayaran

Masukkan harga dan cara pembayaran ke dalam daftar pertimbangan Anda. Sebaiknya cari harga properti yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai memaksakan untuk membeli properti yang harganya ternyata di luar batas kemampuan Anda. Hal ini tentu saja sangat riskan untuk beberapa tahun ke depannya. Anda bisa saja meminjam uang ke bank, namun resiko rumah Anda disita sangat tinggi. Pikirkan juga cara pembayaran untuk rumah yang Anda akan beli, entah cara pembayarannya itu dengan cara tunai maupun kredit. Hal ini tentu bisa Anda bicarakan dengan pihak penjual atau pengembang properti yang Anda akan beli.

Itulah dia sedikit tips membeli properti yang digunakan untuk berinvestasi. Sebenarnya hal ini sangat mudah untuk dilakukan, apalagi jika Anda semakin lama berkecimpung dunia ini. Semoga bermanfaat!