Tips Jika Pesanan Konsumen Anda Tak Kunjung Tiba

By on March 31, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,953 kali

Tips Jika Pesanan Konsumen Anda Tak Kunjung TibaStart-Up Bisnis – Anda memiliki bisnis online? Pasti Anda pernah mengalami paket yang telah Anda kirim tepat waktu namun beberapa hari kemudian barang pesanan belum juga sampai di tangan konsumen. Kejadian seperti itu bukan hal baru lagi pada bisnis online. Namun, jika Anda pelaku bisnis online yang baru saja terjun pada bisnis online pasti panik karena konsumen Anda pasti akan terus menanyakan kredibilitas bisnis online Anda. Nah, untuk mencegah hal tersebut, apa saja yang harus dilakukan?

Setiap ekspedisi / kurir logistik memberikan estimasi waktu sampai pada setiap paket yang dikirimkan. Untuk sesama kota biasanya 1-3 hari tergantung jenis layanan yang digunakan. Misalnya jika menggunakan layanan satu hari sampai itu artinya paket Anda akan sampai di tangan konsumen keesokan harinya. Di luar kota akan memakan waktu beberapa hari hingga mingguan.

Namun ada kalanya paket datang di luar estimasi waktu. Bisa terlambat beberapa hari, minggu, atau sialnya bisa sampai hilang. Tentu saja ini menjadi beban bagi penjual karena biasanya konsumen hanya menyampaikan kekecewaannya pada penjual saja. Sementara penjual sudah berusaha sebaik-baiknya mengantarkan paket tepat waktu.

Ada beberapa alasan jika paket Anda tidak sampai tepat waktu:

1. Anda mengirimkan paket terlalu malam, sehingga kurir perwakilan ekpedisi tidak sempat membawa paket Anda untuk dibawa ke kantor pusat ekspedisi tersebut. Paket Anda akan dibawa keesokan harinya.
2. Paket Anda tertahan saat berada di wilayah tujuan. Biasanya seluruh paket akan ditempatkan di kantor perwakilan daerah, baru setelah itu akan disebar ke alamat tujuan. Persoalan disini bisa macam-macam: jumlah paket overload sehingga harus antri, atau pegawai kurir yang kurang, lagi-lagi harus antri.
3. Paket telah disampaikan ke alamat tujuan, namun tidak ada penghuni di rumah tersebut. Sehingga paket dibawa lagi ke kantor perwakilan. Apesnya lagi, pihak ekspedisi tidak memberitahukan pihak konsumen atau penjual bahwa paket sudah pernah diantar.

Hal ini sangat merepotkan. Sebaiknya Anda memiliki nomor resi yang bisa digunakan untuk mengecek status pengiriman di website ekspedisi tersebut. Sampaikan juga resi tersebut kepada konsumen Anda. Ini langkah penting supaya konsumen Anda percaya bahwa paket telah dikirim dan mereka dapat memantau status pengiriman paketnya.

Jika sampai paket Anda terlambat, tidak perlu panik. Segera hubungi kantor perwakilan ekspedisi kota Anda dan kantor perwakilan ekspedisi kota tujuan. Silakan cari nomor teleponnya di website resminya. Informasi paket anda akan lebih jelas saat dicek sesuai surat jalannya. Beri kabar konsumen Anda, apakah memungkinkan jika dapat diambil sendiri, atau tetap ingin menunggu diantarkan. Jika memang ingin diantarkan, pastikan mereka ada di rumah.